Pengaruh Variabel Makro Ekonomi (Gross Domestic Product, Inflasi, Dan BI Rate) Terhadap Laba Operasional Bank Umum Syariah periode 2013-2015.

Hayuningsari, Intan (2017) Pengaruh Variabel Makro Ekonomi (Gross Domestic Product, Inflasi, Dan BI Rate) Terhadap Laba Operasional Bank Umum Syariah periode 2013-2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Intan Hayuningsari_083133004.pdf

Download (14MB)

Abstract

Investor dan pemilik perusahaan merupakan bahan penting bagi bank syariah untuk melangsungkan kegiatan usahanya serta menciptakan nilai yaitu laba usaha. Hal yang terpenting bank syariah adalah memperhatikan kualitas laba yang diperoleh bank selama beroperasi. Laba operasional bank syariah dipengaruhi oleh kinerja bank syariah dan faktor eksternal yaitu kondisi makro ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kejelasan tentang besarnya pengaruh pendapatan nasional (GDP), Inflasi, BI Rate terhadap laba operasional bank umum syariah periode 2013-2015. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: a) Apakah GDP, Inflasi, BI Rate berpengaruh terhadap Laba Operasional Bank Umum Syariah secara simultan?, b) Apakah GDP, Inflasi, BI Rate berpengaruh terhadap Laba Operasional Bank Umum Syariah secara parsial? c) Variabel Makro ekonomi mana yang paling besar pengaruhnya terhadap laba operasional Bank Umum Syariah? Penelitian ini termasuk jenis penelitian “time series”. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah 12 Bank Umum Syariah sesuai dengan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan dan Bank Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif yaitu data yang diukur dalam suatu skala angka. Periode penelitian ini mulai Januari 2013-Desember 2015. Adapun variabel independen yang digunakan pada penelitian ini adalah pendapatan nasional (GDP), Inflasi, BI Rate. Sedangkan dependen pada penelitian ini adalah laba operasional bank umum syariah. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, yaitu untuk mengetahui pengaruh lebih dari satu variabel bebas terhadap variabel terikat. Dalam analisis linier berganda ada tiga hal yang harus diperhatikan, yaitu: Determinasi (R2 ), Uji F, Uji t, namun sebelum melakukan regresi, terlebih dahulu data harus memenuhi Uji Asumsi Klasik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Makro ekonomi secara simultan (bersama-sama) tidak berpengaruh terhadap laba operasional bank umum syariah. Gabungan variabel independen pada penelitian ini tidak dapat menjelaskan variabel laba operasional bank umum syariah sebesar -0,3%. sedangkan uji secara parsial semua variabel makro ekonomi tidak berpengaruh terhadap laba operasional bank umum syariah. Kata kunci : Gross Domestic Product, Inflasi, BI Rate, Laba Operasional Bank Umum Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Mar 2023 10:06
Last Modified: 03 Mar 2023 10:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19522

Actions (login required)

View Item View Item