Analisis Pengaruh Kolektibilitas Aktiva Produktif Terhadap Kinerja Keuangan Bank Syariah Mandiri Periode 2009-2017.

Sholihah, Afrila (2017) Analisis Pengaruh Kolektibilitas Aktiva Produktif Terhadap Kinerja Keuangan Bank Syariah Mandiri Periode 2009-2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Afrila Sholihah_083 133 022.pdf

Download (57MB)

Abstract

Kualitas pembiayaan menjadi salah satu pertimbangan pemberian pembiayaan kepada nasabah yang berdampak langsung pada risiko dan tingkat profitabilitas yang akan diperoleh bank. Tujuan Bank Syariah memperhatikan penilaian pembiayaan untuk tercapainya kualitas pembiayaan bank yang sehat dan baik sehingga memenuhi perjanjian yang diharapkan dalam pemberian pembiayaan tersebut. Adapun kualitas pembiayaan atau disebut dengan kolektibilitas pada hakikatnya didasarkan atas risiko kemungkinan menurut bank terhadap kondisi dan kepatuhan nasabah pembiayaan dalam memenuhi kewajiban-kewajibannya untuk membayar bagi hasil dan melunasi pembiayaannya kepada bank. Rumusan masalah yang diteliti adalah 1) Apakah kolektibilitas Lancar, Dalam Perhatian Khusus, Kurang Lancar, Diragukan dan Macet berpengaruh secara simultan terhadap kinerja keuangan Bank Syariah Mandiri 2) Apakah kolektibilitas Lancar, Dalam Perhatian Khusus, Kurang Lancar, Diragukan dan Macet berpengaruh secara parsial terhadap kinerja keuangan Bank Syariah Mandiri 3) Seberapa besar pengaruh kolektibilitas aktiva produktif terhadap kinerja keuangan Bank Syariah Mandiri. Tujuan penelitian adalah a) untuk mengetahui pengaruh secara simultan kolektibilitas Lancar, Dalam Perhatian Khusus, Kurang Lancar, Diragukan, Macet terhadap kinerja keuangan Bank Syariah Mandiri, b) untuk mengetahui pengaruh secara parsial kolektibilitas Lancar, Dalam Perhatian Khusus, Kurang Lancar, Diragukan, Macet terhadap kinerja keuangan Bank Syariah Mandiri, c) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kolektibilitas aktiva produktif terhadap kinerja keuangan Bank Syariah Mandiri. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dengan menggunakan data sekunder. Adapun analisis data yang digunakan, yakni menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial yang terdiri dari uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh secara simultan kolektibilitas Lancar, Dalam Perhatian khusus, Kurang Lancar, Diragukan dan Macet terhadap Return On Asset (ROA) Bank Syariah Mandiri. Hanya koletibilitas Diragukan dan Macet yang berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Return On Asset (ROA) Bank Syariah Mandiri, sedangkan kolektibilitas Lancar, Dalam Perhatian Khusus dan Kurang Lancar tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Return On Asset (ROA) Bank Syariah Mandiri. Kolektibilitas aktiva produktif berpengaruh terhadap Return On Asset (ROA) Bank Syariah Mandiri sebesar 89%. Kunci: Kolektibilitas Aktiva Produktif, Return On Asset (ROA)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Mar 2023 09:44
Last Modified: 06 Mar 2023 09:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19541

Actions (login required)

View Item View Item