Upaya Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Meningkatkan Ekuitas Merek di PT. BPR Rambi Artha Putra Jember.

Sari, Lilik Nur Indah (2018) Upaya Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Meningkatkan Ekuitas Merek di PT. BPR Rambi Artha Putra Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lilik Nur Indah Sari_083133167.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bank merupakan salah satu lembaga keuangan yang memiliki peranan penting sebagai perantara keuangan di dalam perekonomian suatu negara. Dengan adanya bank tersebut perekonomian semakin berkembang pesat, hal ini karena perkembangan perekonomian tidaklah lepas dari suatu bank. Arus persaingan bisnis perbankan pun tidak hanya terjadi pada bank-bank konvensional baik milik Pemerintah maupun Swasta, persaingan tersebut semakin ketat diantara lembaga keuangan bank lainnya. Oleh karena itu terdapat berbagai macam bentuk startegi komunikasi pemasaran yang diterapkan dalam rangka menjaring nasabha baru maupun mempertahankan nasabah lama. Komunikasi pemasaran terpadu merupakan salah satu hal yang penting dalam pemasaran strategi ini memiliki peran penting dalam membentuk citra sebuah merek dalam meningkatkan penjualan sebuah merek. Seperti halnya PT. BPR Rambi Artha Putra Jember yang melakukan kegiatan pemasaran menggunakan komunikasi pemasaran terpadu untuk menarik minat nasabah dan bagaimana perusahaan bisa memberikan pelayanan yang baik sehingga kesan merek bisa melekat dan mampu mendorong promosi karena perusahaan belum membuka cabang dalam kegiatan usahanya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana ekuitas merek di PT. BPR Rambi Artha Putra?, 2) Bagaimana penerapan komunikasi pemasaran terpadu di BPR Rambi Artha Putra Jember?, 3) Bagaimana peran komunikasi pemasaran terpadu dalam meningkatkan ekuitas merek di BPR Rambi Artha Putra Jember? Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ekuitas merek di PT. BPR Rambi Artha Putra. untuk mengetahui penerapan komunikasi pemasaran terpadu di BPR Rambi Artha Putra Jember. untuk mengetahui peran komunikasi pemasaran terpadu dalam meningkatkan ekuitas merek di BPR Rambi Artha Putra Jember. Penyusunan penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di PT. BPR Rambi Artha Putra. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) ekuitas merek yang timbul dan tumbuh pada sebuah perusahaan dengan memberikan pelayanan yang terbaik, memberikan kemudahan dan proses cepat dalam pemberian keputusan dan melakukan pemasaran secara individual. 2) PT. BPR Rambi Artha Putra tidak menerapkan semua jenis bentuk komunikasi pemasaran terpadu karena pengeluaran biaya yang tinggi dan yang diterapkan yaitu personal selling, brosur, pemasaran langsung (telepon), dan promosi penjualan. 3) Peran dari komunikasi pemasaran yang telah diterapkandi PT. BPR Rambi Artha Putra sudah sesuai dengan perannya masing-masing seperti brosur berperan sebagai bentuk gambaran dari produk perusahaan, pemasaran langsung (telepon) untuk memberikan informasi kepada nasabah, personal selling sebagai bentuk pendekatan dan untuk membangun hubungan, promosi penjulan sebagai daya tarik masyarakat untuk menjaring nasabah (pemberian hadiah). Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran Terpadu dan Ekuitas Merek

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Mar 2023 09:41
Last Modified: 06 Mar 2023 09:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19555

Actions (login required)

View Item View Item