Analisis Strategi Pemasaran Produkdi BMT Sidogiri cabang Balung

Jannah, Miftahul (2018) Analisis Strategi Pemasaran Produkdi BMT Sidogiri cabang Balung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Miftahul Jannah_083133148.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dalam kinerjanya, BMT Sidogiri cabang Balung menerapkan strategi pemasaran. Calon nasabah dengan mudah mengetahui semua produk-produk yang ditawarkan oleh BMT Sidogiri Balung melalui brosur yang disebar oleh marketing tanpa harus datang secara langsung ke BMT Sidogiri Balung. Hanya dengan uang 10.000 rupiah, calon nasabah sudah bisa menjadi nasabah. Jadi calon nasabah tidak dipersulit, tapi dipermudah dengan segala akses yang dimiliki oleh BMT Sidogiri Balung Jember. Kemudahan ini sengaja disesuaikan dengan kondisi masyarakat, sebagai jembatan untuk membantu lapisan masyarakat yang ingin mewujudkan cita–citanya. Selain itu, BMT Sidogiri Balung berdiri sejak tanggal 06 Agustus 2008. Hal ini mengisyaratkan bahwa, BMT Sidogiri telah survive ditengah persaingan, dipercaya oleh nasabah, dan berdiri hampir satu dekade. Sehingga dapat memenangkan suatu persaingan, melalui penerapan strategi yang tepat bagi usahanya, dengan menerapkan 4P dalam memasarkan produk. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana strategi pemasaran produk di BMT Sidogiri Cabang Balung? 2. Apa tantangan BMT Sidogiri Cabang Balung dalam pelaksanaan strategi pemasaran? 3. Bagaimana Strategi BMT Cabang Balung dalam menanggulangi tantangan? Tujuan penelitian ini adalah1. Untuk mendeskripsikan strategi pemasaran produk yang digunakan oleh BMT Sidogiri Cabang Balung. 2. Untuk mendeskripsikan apa saja tantangan yang diperoleh BMT Sidogiri dari pelaksanaan strategi pemasaran produk yang digunakan oleh BMT Sidogiri Cabang Balung. 3. Untuk mendeskripsikan strategi BMT Sidogiri cabang Balung dalam menenggulangi tantangan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian bahwa 1. Strategi Pemasaran Produk BMT Sidogiri cabang Balung yang dilakukan dengan menggunakan strategi pemasaran, marketing mix. 2.Tantangan BMT Sidogiri cabang Balung dalam Pelaksanaan Strategi Pemasaran yaitu dengan adanya pesaing yang ada disekitar lokasi. 3. Strategi BMT dalam menanggulangi tantangannya itu dengan melakukan perubahan kinerja karyawan, mendatangi orang–orang yang berpengaruh di kalangan masyarakat seperti kiai/ustad. Selain itu, menentukan tempat yang strategis dalam penempatan kantor BMT Sidogiri cabang Balung. Penggunaan alat mobile printer secara online, sistem jaringan, dan pembukaan kantor pembantu merupakan fasilitas termutakhir yang dilakukan BMT Sidogiri cabang Balung dalam memanjakan nasabah dan calon nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Mar 2023 09:41
Last Modified: 06 Mar 2023 09:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19558

Actions (login required)

View Item View Item