Analisis Daur Hidup Produk (Product Life Cycle) Tabungan Faedah dan Penetapan Strategi Pemasaran Pada BRI Syariah KCP Batu.

Zahroh, Novalia Agilatul (2017) Analisis Daur Hidup Produk (Product Life Cycle) Tabungan Faedah dan Penetapan Strategi Pemasaran Pada BRI Syariah KCP Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Novalia Agillatul Zahroh_083133141.pdf

Download (4MB)

Abstract

Mengamati siklus hidup produk, khususnya produk perbankan syariah dapat dibuat suatu rumusan bahwa suatu produk memiliki sebuah siklus hidup. Melalui siklus hidup produk, bank dapat menetapkan strategi pemasaran yang tepat. Agar ketika produk tersebut diperkenalkan dapat direspon oleh pasar, kemudian tumbuh dengan pesat hingga mencapai masa kedewasaan yang panjang dan bank akan menerapkan strategi pemasaran yang berbeda pada setiap tahapan hidup siklusnya Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Di manakah posisi produk Tabungan Faedah dilihat dari Teori Daur Hidup produk?, 2) Strategi apa yang digunakan oleh BRI Syariah KCP Batu dalam memasarkan produk tersebut berdasarkan posisinya dalam Daur Hidup Produk?, 3) Bagaimana strategi pemasaran yang digunakan untuk pengembangan produk Tabungan Faedah pada BRI Syariah KCP Batu?. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui posisi Tabungan Faedah menurut Teori Daur Hidup Produk di BRI Syariah KCP Batu. Untuk mengetahui strategi yang diterapkan oleh BRI Syariah KCP Batu terhadap produk Tabungan Faedah. Untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan untuk pengembangan produk Tabungan Faedah pada BRI Syariah Batu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field reasearch). Dengan menganalisis mengggunakan rumus matematika sederhana, dan menganalisis karakteristik dan implikasi strategic daur hidup produk. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Dilihat dari teori daur hidup produk posisi Tabungan Faedah berada di Tahap Pertumbuhan. 2) Strategi yang digunakan berdasarkan posisinya dalam Daur Hidup Produk ialah strategi rapid growth dengan: a) Perusahaan meningkatkan kualitas produk serta menambah keistemewaan produk atau desain yang lebih baik dengsn menambahkan fitur-fitur yang terdapat pada Tabungan Faedah, b) . BRI Syariah KCP Batu juga memperluas pangsa pasar tidak hanya kaum muslim saja yang menjadi nasabah namun terbuka untuk non muslim dan mengadakan grebek pasar, dan c) Memperluas jaringan outlet dimana outlet tersebut nasabah dapat membuka rekening Tabungan Faedah, dalam hal ini ialah seperti open table setiap weekand di alun-alun atau tempat keramaian lainnya. 3) Strategi pemasaran yang digunakan untuk pengembangan produk yaitu dengan menerapkan promo pemberian souvenir pada pembukaan rekening rekening baru. Kata Kunci: Daur Hidup Produk dan Strategi Pemasaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Mar 2023 09:42
Last Modified: 06 Mar 2023 09:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19569

Actions (login required)

View Item View Item