Analisis Strategi Marketing Produk Tabungan Mabrur Junior di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Lumajang

Hana, Nur (2017) Analisis Strategi Marketing Produk Tabungan Mabrur Junior di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Hana_083 133 031.pdf

Download (18MB)

Abstract

Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Lumajang merupakan suatu lembaga keuangan yang memiliki berbagai jenis produk dan jasa. Suatu produk tidak akan dikenal oleh masyarakat tanpa adanya pemasaran. Pemasaran tidak akan pernah terlepas dari unsur persaingan, untuk itu diperlukan kemampuan menyusun strategi, dengan memperhatikan produk, price, place dan promotion. Salah satu produk yang memerlukan perhatian yaitu Tabungan Mabrur Junior. Tabungan ini masih tergolong baru dan belum banyak bank syariah yang memilikinya serta memfokuskan pada nasabah khususnya haji untuk anak-anak. Dari latar belakang tersebut dapat dirumuskan masalah: 1) Bagaimana strategi marketing produk Tabungan Mabrur Junior di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Lumajang. 2) Apa keunggulan, kelemahan, peluang dan tantangan dalam memasarkan produk Tabungan Mabrur Junior. Tujuan yang ingin dicapai: 1) Untuk mengetahui strategi marketing produk Tabungan Mabrur Junior di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Lumajang. 2) Untuk mengetahui keunggulan, kelemahan, peluang dan tantangan dalam memasarkan produk Tabungan Mabrur Junior. Metode peneliti menggunakan pendekatan penelitian deskriptif, penentuan informan menggunakan metode purposive sumpling, tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dan keabsahan data menggunkan triangulasi sumber. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: 1) Strategi yang digunakan dalam memasarkan produk Tabungan Mabrur Junior diantaranya bebas biaya pendaftaran dan biaya bulanan yang ringan, dalam mempromosikan produk menggunakan personal selling door to door, advertising, mengikuti event-event dalam acara tertentu serta sosialisasi ke sekolah dan pondok pesantren. 2) Keunggulan dari strategi yang digunakan untuk memasarkan produk Tabungan Mabrur Junior diantaranya pihak bank lebih dekat dengan nasabah karena langsung bertatap muka, bisa menjalin hubungan yang baik dan bisa langsung bertransaksi dengan nasabah. Membutuhkan waktu yang relative lama, bahasanya yang sulit dipahami serta kurangnya diperhatikan oleh masyarakat. Sedangkan peluangnya yaitu mayoritas muslim serta banyak berdiri pondok pesantren dan sekolah. Kemudian tantangannya berupa persaingan produk tandingan dari bank lain dan ketika di tolak oleh nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Mar 2023 09:42
Last Modified: 06 Mar 2023 09:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19574

Actions (login required)

View Item View Item