Pendekatan Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Produk KPR Faedah Di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Batu.

Hanafi, Nur Laila (2017) Pendekatan Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Produk KPR Faedah Di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Laila Hanafi_083133136].pdf

Download (6MB)

Abstract

Dunia perbankan, khususnya pada perbankan syariah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dengan begitu maka persaingan antara produkproduk perbankan tidak dapat terhindarkan dan semakin ketat. Salah satunya yaitu pada produk KPR. Perbankan syariah harus memiliki strategi pemasaran yang efektif dan efisien untuk menguasai market share, serta memiliki daya tarik untuk memasarkan produk KPR agar dapat menarik minat konsumen serta bersaing dengan perbankan lainnya. Fokus penelitian yang di teiliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana bagaimana strategi pemasaran produk KPR Faedah di BRI Syariah KCP Batu dalam upaya meningkatkan market share? 2) Bagaimana analisis SWOT strategi pemasaran produk KPR Faedah di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Batu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana strategi pemasaran produk KPR Faedah di BRI Syariah KCP Batu dalam upaya meningkatkan market share, 2) Bagaimana analisis SWOT strategi pemasaran produk KPR Faedah di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Batu. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan kepustakaan. Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu : 1) Strategi pemasaran produk KPR Faedah yang dilakukan BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Batu dalam upaya meningkatkan market share adalah melalui promosi di berbagai macam media, mengikuti event pameran property, melakukan pendekatan ke banyak developer-developer, instansi-instansi, nasabah eksis di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Batu dan juga nasabah walk in. 2) Analisis SWOT strategi pemasaran produk KPR Faedah yang dilakukan yaitu strategi SO, berupa menjalin komunikasi dan pendekatan dengan developer-developer dan calon nasabah dengan baik. Strategi ST, berupa mencari strategi yang lebih baik dan tepat dalam mempromosikan produk KPR Faedah dibanding bank syariah lain. Strategi WO, berupa mempromosikan produk KPR Faedah kepada masyarakat dengan menggunakan keunggulan margin yang flat sampai pelunasan pembiayaan. Strategi WT, berupa memberikan pemahaman yang baik kepada calon nasabah dan membuat strategi baru yang lebih menarik dan dalam memasarkan produk KPR Faedah. Kata kunci : Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, KPR Faedah BRI Syariah KCP Batu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Mar 2023 09:42
Last Modified: 06 Mar 2023 09:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19576

Actions (login required)

View Item View Item