Analisis Strategi Pemasaran Kredit Pada Koperasi Serba Usaha Putra Nelayan Muncar (Berdasarakan Analisis SWOT)

Ridlo, Ahmad Syifa' (2019) Analisis Strategi Pemasaran Kredit Pada Koperasi Serba Usaha Putra Nelayan Muncar (Berdasarakan Analisis SWOT). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Syifa’ Mahbub Ridlo_083 133 018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Koperasi Serba Usaha Putra Nelayan Muncar merupakan salah satu lembaga keuangan nonbank yang berusaha membantu dalam mensejahterakan anggotanya. Koperasi Serba Usaha Putra Nelayan memberikan produk kepada anggotanya yang kekurangan dana dalam bentuk kredit. Dalam memberikan kredit Koperasi harus memperhatikan strategi pemasaran apa saja yang akan diambil, strategi pemasaran tersebut harus sistematik dan sesuai dengan tujuan koperasi dengan menggunakan sebuah analisis/penelitian. Oleh sebab itu, perlu adanya analisis strategi pemasaran pada pelaksanaannya. Fokus penelitian ini adalah: (1), Bagaimana strategi Marketing Mix yang dilakukan oleh Koperasi Serba Usaha Putra Nelayan Muncar?. (2) Bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran dengan analisis SWOT di Koperasi Serba Usaha Putra Nelayan Muncar? Tujuan ini adalah: (1) Untuk Mengetahui strategi Marketing Mix yang dilakukan oleh Koperasi Serba Usaha Putra Nelayan Muncar. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran dengan analisis SWOT di Koperasi Serba Usaha Putra Nelayan Muncar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, kemudian disajikan secara deskriptif dengan jenis data field research. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Adapun temuan dari penelitian ini yaitu: (1) Strategi Maketing Mix yang dilakukan koperasi sudah sesuai dengan teori yang ada, untuk produk dan harga kurangnya inovasi-inovasi baru, tempat distribusi sudah mendukung dengan berada di salah satu pusat perekonomian kecamatan Muncar, promosi yang digunakan menggunakan Personal Selling. (2) Pengembangan pemasaran dari analisis faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran pada Koperasi Serba Usaha Putra Nelayan, dapat dilakuakn dengan memperkuat pangsa pasar, meningkatan promosi pada media sosial, membangun cabang baru, memaksimalkan peran manejemen, menetapkan strategi pemasaran, meningkatkan kualitas pelayanan, menampilkn keunggulan produk, dan meningkatkan kepercayaan calon nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:25
Last Modified: 07 Mar 2023 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19617

Actions (login required)

View Item View Item