Analisis Peranan Market Strategy (Segmenting, Targetting, dan Positioning) Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Jasa Asuransi Syariah di PT Sunlife Financial Kantor Cabang Genteng.

Kurlillah, Desy Anis (2019) Analisis Peranan Market Strategy (Segmenting, Targetting, dan Positioning) Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Jasa Asuransi Syariah di PT Sunlife Financial Kantor Cabang Genteng. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Desy Anis Kurlillah_083133039.pdf

Download (3MB)

Abstract

Asuransi Syariah adalah salah satu perusahaan asuransi jiwa yang menjalankan pengelolaan produknya sesuai prinsip syariah. Dewasa ini, semakin banyak masyarakat Indonesia, khususnya yang beraga islam untuk menginvestasikan dananya pada perusahaan yang mengeluarkan produk dengan pengelolaan seperti yang sudah di perbolehkan oleh Islam. Tak heran jika banyak perusahaan asuransi jiwa lainnya yang semakin gencar mengeluarkan produk berbasis syariah. Salah satunya PT Sunlife Financial Kantor Cabang Genteng Banyuwangi. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) bagaimana proses penentuan segmenting? 2) Bagaimana proses penentuan targeting? 3) Bagaimana proses penentuan positioning dalam meningkatkan penjualan produk jasa asuransi syariah di PT Sunlife Financial? 4) Apa kendala 3 strategi pemasaran tersebut dalam meningkatkan penjualan produk jasa asuransi syariah di PT.Sunlife Financial Genteng Banyuwangi ? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan proses penentuan segmenting. 2) Untuk mendeskripsikan penentuan targeting. 3) Untuk mendeskripsikan penentuan positioning dalam meningkatkan penjualan produk jasa asuransi sayariah di PT Sun Life Financial Genteng. Dan 4) Untuk mengetahui kendala yang dialami perusahaan dalam upaya meningkatkan penjualan produk jasa asuransi syariah di PT Sunlife Financial Kantor Cabang Genteng Banyuwangi. Untuk mengidentifikasikan permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian menggunakan deskriptif, metode pengumpulan data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan, 1) PT Sunlife Financial Genteng menerapkan strategi STP (Segmenting, Targetting, Positioning ) untuk meningkatkan penjualan produk nya.1) Segmenting Sunlife Genteng adalah keluarga, instansi, perusahaan, dan pengusaha UMKM. 2) Targetting Sunlife Genteng adalah nasabah yang ingin menerapkan investasi asuransi berbasis syariah. 3) Positioning Sunlife Genteng adalah memposisikan dirinya sebagai lembaga investasi masa depan yang berbasis syariah dan perusahaan disini hanya sebagai pengelola. 4) Kendala yang dialami perusahaan adalah adanya perusahaan asuransi lain yg berdiri sebelumnya dan banyaknya nasabah yang memiliki cacat pemikiran mengenai jasa asuransi. Namun dengan ditetapkannya STP semua kendala dapat dinetralisir dan mampu meningkatkan penjualan produk jasa asuransi syariah di PT Sunlife Financial Genteng Banyuwangi. Kata Kunci : Segmenting, Targetting, Positioning, Peningkatan Penjualan Produk

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:32
Last Modified: 07 Mar 2023 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19638

Actions (login required)

View Item View Item