Strategi Pemasaran Produk Tabungan Simpatik Di Bank Syariah Mandiri KC Genteng Banyuwangi.

Ulva, Ikvi Aslikhatul (2019) Strategi Pemasaran Produk Tabungan Simpatik Di Bank Syariah Mandiri KC Genteng Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ikvi Aslikhatul Ulva_083143241.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bank Syariah Mandiri (BSM) KC Genteng merupakan suatu lembaga keuangan yang memiliki produk dan jasa. Suatu produk atau jasa tidak akan dikenal oleh masyarakat tanpa adanya pemasaran. Pemasaran tidak akan terlepas dari unsur persaingan, untuk itu diperlukan kemampuan dalam menyusun strateginya dengan melakukan segmenting, targeting dan positioning kemudian mengembangkan bauran pemasaran (marketing mix). Salah satu produk BSM adalah tabungan simpatik (akadnya wadiah), tabungan ini biaya administrasi murah. Jadi, tabungan simpatik posisinya sebagai tabungan anak sekolah dan masyarakat yang belum mempunyai penghasilan tetap. Fokus masalah pada penelitian ini adalah 1. Bagaimana pelaksanaan strategi pemasaran produk tabungan simpatik di BSM KC Genteng Banyuwangi? 2. Apa saja kendala dalam mengembangkan strategi pemasaran produk tabungan simpatik di BSM KC Genteng Banyuwangi? 3. Apa saja solusi dalam mengembangkan strategi pemasaran produk tabungan simpatik di BSM KC Genteng Banyuwangi?. Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui pelaksanaan strategi pemasaran produk tabungan simpatik di BSM KC Genteng Banyuwangi. 2. Untuk mengetahui kendala dalam mengembangkan strategi pemasaran produk tabungan simpatik di BSM KC Genteng Banyuwangi. 3. Untuk mengetahui solusi dalam mengembangkan strategi pemasaran produk tabungan simpatik di BSM KC Genteng Banyuwangi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan verivikasi. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah 1. Pelaksanaan strategi pemasaran produk tabungan simpatik di BSM KC Genteng Banyuwangi dengan melakukan strategi pemetaan pasar, meliputi: segmenting, targetting, dan positioning kemudian mengembangkan marketing mix meliputi: 7P. 2. Kendala dalam mengembangkan strategi pemasaran produk tabungan simpatik di BSM KC Genteng Banyuwangi yaitu kurangnya jumlah sumber daya manusia (SDM), minimnya pemahaman masyarakat tentang perbankan syariah, dan persaingan. 3. Solusi dalam mengembangkan strategi pemasaran produk tabungan simpatik di BSM KC Genteng Banyuwangi yaitu meningkatkan jumlah SDM tenaga pemasar, meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat dan menempatkan posisi pada persaingan. Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Tabungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:31
Last Modified: 07 Mar 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19669

Actions (login required)

View Item View Item