PERAN PEMBINA ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH ANNURIYYAH KALIWINING – RAMBIPUJI – JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017

VINA FAIQOTUL HIMMAH, 084121166 (2016) PERAN PEMBINA ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH ANNURIYYAH KALIWINING – RAMBIPUJI – JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
2. Cover 2.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB 1.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB 2.pdf

Download (911kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB 3.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB 4.pdf

Download (880kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB 5.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (586kB) | Preview

Abstract

Vina Faiqotul Himmah, 2016: Peran Pembina Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)
dalam Membentuk Karakter Siswa di Madrasah Tsanawiyah Annuriyyah Kaliwining –
Rambipuji – Jember Tahun Pelajaran 2016/2017

Pembina adalah seorang pemimpin yang dianggap mampu untuk membimbing,
mengarahkan, memotivasi serta mengevaluasi peserta didiknya dalam membentuk
karakter. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembina mempunyai peran penting dalam
pembentukan karakter siswa. Di MTs Annuriyyah telah menjadikan peran pembina OSIS
sebagai unsur terpenting dalam membentuk karakter siswa. Dengan hal tersebut akan
meningkatkan peran pembina OSIS sebagai pembimbing, motivator, serta evaluator.
Fokus kajian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran pembina
sebagai pembimbing OSIS dalam membentuk karakter siswa di MTs Annuriyyah
Kaliwining-Rambipuji-Jember tahun pelajaran 2016/2017? 2) Bagaimana peran pembina
sebagai motivator OSIS dalam membentuk karakter siswa di MTs Annuriyyah
Kaliwining-Rambipuji-Jember tahun pelajaran 2016/2017? 3) Bagaimana peran pembina
sebagai evaluator OSIS dalam membentuk karakter siswa di MTs Annuriyyah
Kaliwining-Rambipuji-Jember tahun pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian ini adalah:
1) Untuk mendeskripsikan Bagaimana peran pembina sebagai pembimbing OSIS dalam
membentuk karakter siswa di MTs Annuriyyah Kaliwining-Rambipuji-Jember tahun
pelajaran 2016/2017, 2) Untuk mendeskripsikan peran pembina sebagai motivator OSIS
dalam membentuk karakter siswa di MTs Annuriyyah Kaliwining-Rambipuji-Jember
tahun pelajaran 2016/2017, 3) Untuk mendeskripsikan peran pembina sebagai evaluator
OSIS dalam membentuk karakter siswa di MTs Annuriyyah Kaliwining-RambipujiJember
tahun
pelajaran
2016/2017.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualtiatif dengan jenis penelitian lapangan
(Field Reserch) bentuk study kasus, sedangkan subyek penelitiannya menggunakan
Purposive Sampling. Metode pengumpulan datanya menggunakan: observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Adapun validitas data yang digunakan adalah triangulasi
sumber dan teknik, serta analisa datanya menggunakan model Miles dan Huberman.
Adapun hasil penelitiannya adalah: 1) Peran pembina sebagai pembimbing
OSIS dalam program yang dilaksanakan oleh OSIS seperti program Tasofahan
(salaman pagi) dalam membentuk karakter religius siswa. dalam membimbing
potensi, pembina OSIS memberikan pelatihan berupa soal-soal untuk dijawab
oleh siswa yang berpotensi dalam waktu tertentu. Dalam membimbing bakat
siswa, OSIS membuat program mading yang sudah ada disetiap kelas, dan minat
yang dimiliki siswa dibimbing pada saat ada kegiatan perlombaan yang diadakan
pada hari-hari besar, dengan cara mendaftarkan diri kepada OSIS. Serta
memberikan Punnishment kepada siswa yang sering terlambat untuk masuk kelas
untuk membentuk karakter kedisiplinan siswa. 2) Peran pembina sebagai
motivator dalam memberikan motivasi, pembina OSIS memberikan pujian kepada
siswa untuk memberikan semangat serta memberikan arahan dan dorongan berupa
kata-kata (Vocal) untuk membangkitkan semangat siswa dengan memberikan
contoh seorang Public Figur. 3) Peran pembina sebagai evaluator OSIS dalam
membentuk karakter tanggung jawab pengurus OSIS dengan memberikan evaluasi
kepada pengurus OSIS pada akhir bulan secara rutin dengan mengadakan rapat
evaluasi untuk mengetahui sejauh mana perkembangan siswa dan pengurus OSIS

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: KARAKTER SISWA
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 01 Nov 2017 02:21
Last Modified: 01 Nov 2017 02:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/197

Actions (login required)

View Item View Item