Implementasi Marketing Mix Pada Produk Tabungan di BMT UGT Sidogiri Capem Kaliwates Kab. Jember

Tsaqib, Moh. (2019) Implementasi Marketing Mix Pada Produk Tabungan di BMT UGT Sidogiri Capem Kaliwates Kab. Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moh. Tsaqib_083 133 188.pdf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan lembaga keuangan yang tidak hanya berbentuk bank tapi juga non bank yang melayani masyarakat dikalangan umum dan bersifat merakyat yaitu BMT, BMT adalah kelompok swadaya masyarakat sebagai lembaga ekonomi rakyat yang berupaya terus mengembangkan usahausaha produktif dan investasi dengan sistem bagi hasil untuk meningkatkan kualitas ekonomi pengusaha kecil bawah dan kecil dalam mengentaskan kemiskinan. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaiman implementasi marketing mix pada produk tabungan di BMT Sidogiri Capem Kaliwates Kab. Jember ? 2) Apa saja hambatan dalam melakukan implementasi marketing mix pada produk tabungan di BMT Sidogiri Capem Kaliwates Kab. Jember ? 3) Bagaimana solusinya mengatasi hambatan didalam melakukan marketing mix pada produk tabungan di BMT Sidogiri Capem Kaliwates Kab. Jember ? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengatahui implementasi marketing mix di BMT Sidogiri Capem Kaliwates Kab. Jember ? 2) Untuk mengetahui hambatan dalam melakukan marketing mix di BMT Sidogiri Capem Kaliwates Kab. Jember ? 3) Untuk mengetahui solusinya mengatasi hambatan dalam menerapkan marketing mix pada produk tabungan di BMT Sidogiri Capem Kaliwates Kab. Jember ?. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian bahwa 1) BMT UGT Sidogiri Capem Kaliwates Kab. Jember berusaha menerapkan komponen marketing mix dalam memasarkan produknya, menetapkan harga atau bagi hasil yang sesuai dengan syariat I slam, dan mengembangkan promosi dengan menonjolkan kelebihan produk BMT UGT Sidogiri Capem Kaliwates Kab. Jember. 2) Hambatan yang di alami oleh BMT UGT Sidogir Capem Kaliwates Kab. Jember, adanya persaingan yang begitu ketat yang menawarkan produk yang hampir sama dan ditambah dengan pemahaman calon atau nasabah yang kurang tentang bank dan lembaga keu angan syariah yang sebagian beranggapan bank konvensional lebih aman untuk menabung dan lain-lain. 3) Solusi yang digunakan oleh BMT UGT Sidogiri Capem Kaliwates Kab. Jember adalah dengan solusi meningkatkan emosional terhadap nasabah, melakukan (door to door) dan (face to face) dilanjut dengan kunjungan setiap 1 minggu 1 kali. Kata kunci : Implementasi, Marketing Mix

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:48
Last Modified: 08 Mar 2023 06:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19722

Actions (login required)

View Item View Item