Pengaruh manajemen kelas terhadap peningkatan aktivitas pembelajaran siswa di MTs Darul Ulum Muncar Banyuwangi Tahun pelajaran 2016/2017.

Rahmat, Muhammad Shabibur (2016) Pengaruh manajemen kelas terhadap peningkatan aktivitas pembelajaran siswa di MTs Darul Ulum Muncar Banyuwangi Tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Shabibur Rahmat_084123050.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pembangunan nasional pada hakikatnya pembangunan manusia Indonesia yang berkualitas. Salah satu upaya yang untuk meningkatkan kualitas manusia yang baik adalah melalui pendidikan. Salah satu aspek yang mempengaruhi terhadap mutu pendidikan adalah aktivitas pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas. karena itu demi tercapainya aktivitas pembelajaran yang baik maka perlu adanya manajemen kelas yang baik pula. Sehingga dalam hal ini manajemen kelas berperan penting terhadap aktivitas pembelajaran. Manajemen kelas adalah seperangkat kegiatan guru untuk mengembangkan tingkah laku siswa yang diinginkan dan mengurangi atau meniadakan tingkah laku yang tidak diinginkan. Sehingga hasil belajar dari setiap peserta didik dapat dicapai dengan maksimal dan dapat menghasilkan output yang berkualitas. Rumusan masalah dari penelitian terdiri dari Pokok masalah: Adakah pengaruh manajemen kelas terhadap peningkatan aktivitas pembelajaran di MTs Darul Ulum Muncar Banyuwangi tahun ajaran 2016/2017. Sedangkan sub pokok masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh pengorganisasian siswa terhadap peningkatan aktifitas pembelajaran di MTs Darul Ulum Muncar Banyuwangi tahun ajaran 2016/2017. 2) Adakah pengaruh pengorganisasian fasilitas belajar terhadap peningkatan aktivitas pembelajaran di MTs Darul Ulum Muncar Banyuwangi tahun ajaran 2016/2017. Untuk mengidentifikasikan permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif, adapun pengambilan sampel dengan menggunakan teori stratified proposional random sampling sedangkan untuk pengumpulan data melalui Angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun untuk teknik analisis data peneliti menggunakan korelasi product moment Setelah data dianalisis peneliti memperoleh kesimpulan umum yaitu: tidak ada pengaruh manajemen kelas terhadap aktivitas pembelajaran siswa di MTs Darul Ulum Muncar Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017. Kesimpulan khusus: a) tidak ada pengaruh pengorganisasian siswa terhadap aktivitas pembelajaran siswa di MTs Darul Ulum Muncar Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017. b) ada pengaruh positif yang rendah pengorganisasian fasilitas belajar terhadap aktivitas pembelajaran siswa di MTs Darul Ulum Muncar Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:32
Last Modified: 09 Mar 2023 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19873

Actions (login required)

View Item View Item