Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian dan Loyalitas Konsumen Pada Minimarket Basmalah di Kabupaten Jember

Fathani, Lilik (2018) Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian dan Loyalitas Konsumen Pada Minimarket Basmalah di Kabupaten Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lilik Fathani_0839216020.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci : Marketing Mix, Keputusan Pembelian, Loyalitas Konsumen. Perilaku konsumen tidak hanya di pengaruhi oleh keputusan pembelian akan tetapi diikuti pula oleh tahap perilaku purna beli. Pada tahap ini konsumen akan merasakan tingkat loyalitas atau ketidak loyalan yang akan mempengaruhi perilaku berikutnya. loyalitas konsumen akan tercipta, jika produsen mampu memenuhi harapan yang dimiliki oleh para konsumennya. Salah satu alternatif yang dapat digunakan produsen dalam upaya menciptakan kepuasan bagi para konsumennya adalah menggunakan bauran pemasaran yang mencakup produk, harga, tempat dan promosi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris variabel-variabel dalam penelitian yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah yaitu apakah terdapat pengaruh produk (X1), harga (X2), tempat (X3), dan promosi (X4) terhadap keputusan pembelian dan loyalitas pada minimarket Basmalah secara simultan dan parsial. Metode yang di digunakan penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan explanatory research, dengan sampel sebanyak 108 responden. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan assidental sampling. Variabel bebasnya terdiri dari Produk (X1), Harga (X2), Tempat (X3) dan Promosi (X4) dan variabel terikatnya loyalitas (Y) dan keputusan pembelian (Z) sebagai variabel perantara. Pengujian instrument menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Sedangkan metode analisis data menggunakan part analisis dengan uji F dan uji t. Uji hipotesis dilakukan dengan bantuan software Statistical Package for the (SPSS) versi 24. Hasil Analisis menunjukkan bahwa pengaruh produk terhadap keputusan pembelian tidak signifikan, dengan koefisien jalur standardize pengaruh langsung sebesar 0.938. pengaruh harga terhadap keputusan pembelian adalah signifikan dengan koefisien jalur standardize pengaruh langsung sebesar 0.043, pengaruh tempat terhadap keputusan pembelian adalah signifikan dengan koefisien jalur standardize pengaruh langsung sebesar 0.032, pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian adalah signifikan dengan koefisien jalur standardize pengaruh langsung sebesar 0.000, sedangkan pengaruh produk terhadap loyalitas konsumen tidak signifikan dengan koefisien jalur standardize pengaruh langsung sebesar 0.952, sedangkan pengaruh harga terhadap loyalitas konsumen tidak signifikan dengan koefisien jalur standardize pengaruh langsung sebesar 0.990, sedangkan pengaruh tempat terhadap loyalitas konsumen tidak signifikan dengan koefisien jalur standardize pengaruh langsung sebesar 0.060, sedangkan pengaruh promosi terhadap loyalitas konsumen signifikan dengan koefisien jalur standardize pengaruh langsung sebesar 0.044 dan pengaruh keputusan pembelian terhadap loyalitas konsumen positif signifikan dengan koefisien jalur standardize pengaruh langsung sebesar 0.000.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:32
Last Modified: 09 Mar 2023 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19874

Actions (login required)

View Item View Item