Peningkatan Pengetahuan Ajaran Islam Mayarakat Muslim Melalui Kegiatan Kuliah Shubuh Di Masjid At-taufiq Grenden Jember.

Aslam, Ahmad Alfarizy (2019) Peningkatan Pengetahuan Ajaran Islam Mayarakat Muslim Melalui Kegiatan Kuliah Shubuh Di Masjid At-taufiq Grenden Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Alfarizy Aslam_084 131 294.pdf

Download (7MB)

Abstract

Masjid merupakan pertemuan bagi setiap umat muslim, oleh karena itu masjid At-taufiq Grenden Jember mengadakan kegiatan kuliah shubuh dalam rangka mengingkatkan pengetahuan ajaran Islam bagi masyarakat muslim. Dengan meningkatnya pengetahuan ajaran Islam masyarakat muslim di harapkan agar tidak mudah terpengaruh dengan paham-paham yang menyimpang dari ajaran Islam. Adapun fokus penelitian: Bagaimana Peningkatan Pengetahuan Ajaran Islam Masyarakat Muslim Dalam Beribadah Melalui Kegiatan Kuliah Shubuh Di Masjid At-taufiq Grenden Jember? Bagaimana Peningkatan Pengetahuan Ajaran Islam Masyarakat Muslim Dalam Berakhlak Melalui Kegiatan Kuliah Shubuh Di Masjid At-taufiq Grenden Jember? Bagaiman Metode Kegiatan Kuliah Shubuh Dalam Meningkatan Pengetahuan Ajaran Islam Masyarakat Muslim Di Masjid At-taufiq Grenden Jember?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di masjid At-taufiq Grenden Jember. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumenter. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Serta keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian yaitu: 1) Peningkatan pengetahuan ajaran Islam masyarakat muslim dalam beribadah melalui kegiatan kuliah shubuh di masjid Attaufiq Grenden Jember peneliti menemukan bahwa dalam ibadah mahdhah pengetahuan ajaran Islam bagi masyarakat muslim terlihat dari keistiqamahan masyarakat muslim dalam melaksanakan shalat berjamaah di masjid, dzikir, dan doa bersama, dan dalam ibadah ghairu mahdhah yaitu perbuatan-perbuatan masyarakat muslim yang memiliki nilai ibadah seperti, membersihkan masjid, membelikan mukenah, dan membelikan Al-Quran, serta membuat makanan untuk jamaah masjid At-taufiq. 2) Peningkatan pengetahuan ajaran Islam masyarakat muslim dalam berakhlak melalui kegiatan kuliah shubuh di masjid At-taufiq Grenden Jember dalam berakhlak kepada Allah yaitu masyarakat muslim senantiasa menjalankan perintah Allah untuk shalat, dzikir, doa, dan perintah Allah lainnya. Dan terlihat pula dalam akhlak kepada sesama yaitu masyarakat muslim melakukan gotong royong, menolong sesama, serta masjid At-taufiq mengadakan donor darah, dan santunan yatim piatu. 3) metode kegiatan kuliah shubuh dalam meningkatkan pengetahuan ajaran Islam masyarakat muslim di masjid At-taufiq Grenden Jember menggunakan metode ceramah dan tanya jawab yang memiliki kelebihan yaitu masyarakat lebih paham dengan materi ceramah yang di sampaikan dan dapat menanyakan terkait materi yang belum di pahami dan dua metode ini sangat membantu masayarakat dalam meningkatkan pengetahuan ajaran Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:21
Last Modified: 10 Mar 2023 08:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19941

Actions (login required)

View Item View Item