Wardani, Risda (2023) Manajemen strategi pengembangan program kelas Fullday Tahfidz Qur'an Di MTs Negeri 2 Jember Tahun ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN kiai Haji Achamd Siddiq Jember.
|
Text
Risda Wardani_T20193170.pdf Download (6MB) |
Abstract
Risda Wardani, 2023: Manajemen Strategi Pengembangan Program Kelas
Fullday Tahfidz Qur’an di MTs Negeri 2 JemberTahun Ajaran 2022/2023.
Kata Kunci : Manajemen Strategi, Tahfidz Qur’an, MTs Negeri 2 Jember.
Tahfidz Qur’an merupakan kegiatan yang mulia dan baik. jika seorang
anak mampu menghafal Al-Quran, tentang relevansi menghafal Al-Qur'an
seringkali profesional dalam menjalankan kegiatanya. Untuk mencapai semua itu
perlunya manajemen strategi yang bagus dan MTs Negeri 2 Jember Menyediakan
Program Kelas Fullday Tahfidz Qur’an. Selain Belajar di Kelas Reguler siswa-
siswi diberikan kebebasan untuk memilih kelas tamabahan seperti kelas Fullday
Tahfidz Qur’an. Bukan hanya mengutamkan pendidikan Formal MTs Negeri 2
Jember mampu menyeimbangkan kebutuhan Siswa-siswi untuk masa depanya
yaitu pendidikan umum dan pendidikan Agama.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Formulasi
Strategi Pengembangan Program Kelas Fullday Tahfidz Qur’an Di MTs Negeri 2
Jember Tahun Ajaran 2022/2023? 2) Bagaimana Implementasi Strategi
Pengembangan Program Kelas Fullday Tahfidz Qur’an Di MTs Negeri 2 Jember
Tahun Ajaran 2022/2023? 3) Bagaimana Evaluasi Strategi Pengembangan
Program Kelas Fullday Tahfidz Qur’an Di MTs Negeri 2 Jember Tahun Ajaran
2022/2023?
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Formulasi Strategi
Pengembangan Program Kelas Fullday Tahfidz Qur’an Di MTs Negeri 2 Jember
Tahun Ajaran 2022/2023? 2) Untuk mendeskripsikan Implementasi Strategi
Pengembangan Program Kelas Fullday Tahfidz Qur’an Di MTs Negeri 2 Jember
Tahun Ajaran 2022/2023? 3) Untuk mendeskripsikan Evaluasi Strategi
Pengembangan Program Kelas Fullday Tahfidz Qur’an Di MTs Negeri 2 Jember
Tahun Ajaran 2022/2023?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus .
teknik pengumpulan data menggunakan Wawancara, Observasi, dan
Dokumentasi. Teknik Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode
interaktif Miles, Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah: 1) Kondensasi
data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan Kesimpulan. Metode keabsahan data
menggunakan triangulasi Sumber dan triangulasi teknik.
Formulasi Strategi meliputi: proses manajemen strategi, Pembentukan
Visi, Misi, Tujuan dan sasaran, Anlisis SWOT dan Pengendalian Strategi.
Implementasi Strategi meliputi: kegiatan Rutin hari Senin-Kamis pada Jam 14.00-
16.00 WIB, Kegiatan Berupa hafalan, Muroja’ah, Sima’an, Ujian, Khataman Al-
Qur’an dan Tabarukan, Serta Gaya kepemimpinan yang analitis memberikan
kebebasan kepada pembimbing untuk mengelola kelompok masing-masing.
Evaluasi Strategi meliputi: ujian hafalan dengan minimal 10 kesalahan, Khotmil
Qur’an dan Tabarukan, Dan ujian untuk mendapatkan sertifikat. Evalusi terhadap
pembimbing Tahfidz Qur’an untuk perkembangan kelas Fullday Tahfidz Qur’an
Yang lebih baik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150307 Innovation and Technology Management 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | risda warda wardani |
| Date Deposited: | 10 Mar 2023 09:45 |
| Last Modified: | 10 Mar 2023 09:45 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19969 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
