Manajemen strategi pengembangan program kelas Fullday Tahfidz Qur'an Di MTs Negeri 2 Jember Tahun ajaran 2022/2023

Wardani, Risda (2023) Manajemen strategi pengembangan program kelas Fullday Tahfidz Qur'an Di MTs Negeri 2 Jember Tahun ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN kiai Haji Achamd Siddiq Jember.

[img] Text
Risda Wardani_T20193170.pdf

Download (6MB)

Abstract

Risda Wardani, 2023: Manajemen Strategi Pengembangan Program Kelas
Fullday Tahfidz Qur’an di MTs Negeri 2 JemberTahun Ajaran 2022/2023.
Kata Kunci : Manajemen Strategi, Tahfidz Qur’an, MTs Negeri 2 Jember.
Tahfidz Qur’an merupakan kegiatan yang mulia dan baik. jika seorang
anak mampu menghafal Al-Quran, tentang relevansi menghafal Al-Qur'an
seringkali profesional dalam menjalankan kegiatanya. Untuk mencapai semua itu
perlunya manajemen strategi yang bagus dan MTs Negeri 2 Jember Menyediakan
Program Kelas Fullday Tahfidz Qur’an. Selain Belajar di Kelas Reguler siswa-
siswi diberikan kebebasan untuk memilih kelas tamabahan seperti kelas Fullday
Tahfidz Qur’an. Bukan hanya mengutamkan pendidikan Formal MTs Negeri 2
Jember mampu menyeimbangkan kebutuhan Siswa-siswi untuk masa depanya
yaitu pendidikan umum dan pendidikan Agama.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Formulasi
Strategi Pengembangan Program Kelas Fullday Tahfidz Qur’an Di MTs Negeri 2
Jember Tahun Ajaran 2022/2023? 2) Bagaimana Implementasi Strategi
Pengembangan Program Kelas Fullday Tahfidz Qur’an Di MTs Negeri 2 Jember
Tahun Ajaran 2022/2023? 3) Bagaimana Evaluasi Strategi Pengembangan
Program Kelas Fullday Tahfidz Qur’an Di MTs Negeri 2 Jember Tahun Ajaran
2022/2023?
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Formulasi Strategi
Pengembangan Program Kelas Fullday Tahfidz Qur’an Di MTs Negeri 2 Jember
Tahun Ajaran 2022/2023? 2) Untuk mendeskripsikan Implementasi Strategi
Pengembangan Program Kelas Fullday Tahfidz Qur’an Di MTs Negeri 2 Jember
Tahun Ajaran 2022/2023? 3) Untuk mendeskripsikan Evaluasi Strategi
Pengembangan Program Kelas Fullday Tahfidz Qur’an Di MTs Negeri 2 Jember
Tahun Ajaran 2022/2023?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus .
teknik pengumpulan data menggunakan Wawancara, Observasi, dan
Dokumentasi. Teknik Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode
interaktif Miles, Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah: 1) Kondensasi
data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan Kesimpulan. Metode keabsahan data
menggunakan triangulasi Sumber dan triangulasi teknik.
Formulasi Strategi meliputi: proses manajemen strategi, Pembentukan
Visi, Misi, Tujuan dan sasaran, Anlisis SWOT dan Pengendalian Strategi.
Implementasi Strategi meliputi: kegiatan Rutin hari Senin-Kamis pada Jam 14.00-
16.00 WIB, Kegiatan Berupa hafalan, Muroja’ah, Sima’an, Ujian, Khataman Al-
Qur’an dan Tabarukan, Serta Gaya kepemimpinan yang analitis memberikan
kebebasan kepada pembimbing untuk mengelola kelompok masing-masing.
Evaluasi Strategi meliputi: ujian hafalan dengan minimal 10 kesalahan, Khotmil
Qur’an dan Tabarukan, Dan ujian untuk mendapatkan sertifikat. Evalusi terhadap
pembimbing Tahfidz Qur’an untuk perkembangan kelas Fullday Tahfidz Qur’an
Yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150307 Innovation and Technology Management
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: risda warda wardani
Date Deposited: 10 Mar 2023 09:45
Last Modified: 10 Mar 2023 09:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19969

Actions (login required)

View Item View Item