Analisis Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 7P Dalam Keputusan Pembelian Konsumen Pada Industri Kerajinan Alat Dapur Di Desa Kalibaruwetan Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi.

Hasanah, Holifatul (2019) Analisis Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 7P Dalam Keputusan Pembelian Konsumen Pada Industri Kerajinan Alat Dapur Di Desa Kalibaruwetan Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Holifatul Hasanah_E20152081.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pemasaran merupakan suatu proses dari berlangsungnya kegiatan pemasaran mulai dari awal sebelum produksi sampai dengan kegiatan purna jual yang ditawarkannya kepada konsumen. Semua kegiatan yang dilakukan oleh pengusaha akan diusahakan sedemikian rupa sehingga dapat mempengaruhi konsumen untuk tertarik, senang kemudian membeli dan akhirnya puas akan produk yang dibelinya. Usaha untuk mempengaruhi konsumen tersebut dapat dilakukan oleh pengusaha dengan menggunakan sarana yang dimiliki perusahaan yang meliputi product, price, promotion, place, people, physical evidence dan process. Perpaduan dari alat atau sarana-sarana tersebut biasanya disebut dengan bauran pemasaran. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan bauran pemasaran (marketing mix ) 7P pada industri kerajianan alat dapur di Desa Kalibaruwetan? 2) Bagaimana analisis bauran pemasaran (marketing mix) 7P dalam keputusan pembelian pada Industri Kerajianan Alat Dapur di Desa Kalibaruwetan? Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui penerapan bauran pemasaran (marketing mix ) 7P pada industri kerajianan alat dapur di Desa Kalibaruwetan 2) Untuk mengetahui analisis bauran pemasaran (marketing mix) 7P dalam keputusan pembelian pada industri kerajianan alat Dapur di Desa Kalibaruwetan? Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive, sedangkan dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) Penerapan bauran pemasaran (marketing mix) 7P pada industri kerajinan alat dapur di Kalibaru yaitu: produknya tersedia dalam berbagai varian dan ukuran. Harga yang ditetapkan berdasarkan biaya produksi dan biaya operasional, serta ada penyesuaian harga. Tempatnya strategis dan bentuk distribusi menggunakan distribusi langsung dan tidak langsung dengan jenis distribusi insentif. Promosi menggunakan media sosial, penjualan langsung dan promosi penjualan. People pada industri kerajinan alat dapur Kalibaru memiliki karakteristik pribadi yang positif dan sudah dibekali dengan pelatihan-pelatihan dari Disperindag Banyuwangi. Physical Evidence atau lingkungan fisiknya nyaman, bersih dan penyusunan produknya rapi. Sedangkan prosesnya dilakukan dengan baik dari awal produksi sampai akhirnya barang berada ditangan konsumen. 2) Bauran pemasaran 7P dijadikan pertimbangan konsumen dalam mengambil keputusan pembeliannya pada industri kerajinan alat dapur di Kalibaru kecuali variabel promotion. Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:41
Last Modified: 13 Mar 2023 07:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20097

Actions (login required)

View Item View Item