Analisis Kualitas Pelayanan Pada Bisnis Retail Alfamart Tanggul 2.

Rohmah, Riftania Nisa'Ur (2019) Analisis Kualitas Pelayanan Pada Bisnis Retail Alfamart Tanggul 2. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Riftania Nisa'Ur Rohmah_083 144 139.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan faktor penting dalam bisnis retail, kualitas pelayanan merupakan hal yang diperhatikan oleh konsumen dalam mengambil keputusan. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kepetusan pembelian, salah satunya adalah dari segi kualitas pelayanan. Kualitas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan, yaitu bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi konsumen. Kebanyakan layanan yang ditawarkan oleh retail lebih hanya sekedar melengkapi informasi tentang barang dagangan yang ditawarkan oleh retail, dan sekaligus memberikan keyakinan bahwa retail lebih ,udah untuk menempatkan pelanggan dalam aktivitas pembelian produk dan jasa. keberhasilan suatu bisnis ritel yaitu dengan memberikan kepuasan kepada pelanggan yang dihubungkan dengan penilaian kualitas pelayanan, kita dapat mencapai tanda-tanda kepuasan pelanggan melalui perilaku pembalian berulang-ulang dari pelanggan dan apabila pelanggan tidak merasakan manfaat dari pelayanan yang diberikan, akan menimbulkan pandangan tidak baik dan penurunan jumlah pelanggan. Adapun focus penelitian yang dirumuskan terdapat dua focus yang diteliti oleh peneliti diantaranya: 1) Bagaimana peran kualitas pelayanan dalam membangun kepuasan pelanggan Alfamart Tanggul 2 ? 2) Bagaimana citra perusahaan dalam membangun kepuasan pelanggan Alfamart Tanggul 2 ? Sementara tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui kualitas pelayanan dalam membangun kepuasaan pelanggan pada Alfamart Tanggul 2 dan mengetahui citra perusahaan dalam membangun kepuasaan pelanggan di Alfamart Tanggul 2. Dalam pnelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dan penelitian lapangan. Sementara teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, untuk analisis data peneliti menggunakan tiga hal diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selain itu, untuk keabsahan data menggunakan triangukasi sumber. Dengan demikian, peneliti memperoleh kesimpulan 1) Kualitas pelayanan berperan penting dalam membangun kepuasan pelanggan pada sebuah perusahaan, kualitas pelayanan merupakan hal yang diperhatikan oleh konsumen dalam mengambil keputusan, pelayanan merupakan ujung tombak perusahaan jasa pelayanan yang akan berhadapan langsung dengan pihak konsumen atau pelanggan. 2) Citra perusahaan adalah salah satu hal yang perlu di perhatikan didalam suatu perusahaan, sebuah perusahaan harus mampu menanamkan citra yang positif bagi perusahaan dan juga harus memiliki kemampuan membantu perusahaan dalam memehami bahwa pelanggan adalah aset yang penting yang harus dipelihara dan dipertahankan keberadaannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150499 Commercial Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:44
Last Modified: 13 Mar 2023 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20126

Actions (login required)

View Item View Item