Analisis Efektivitas Segmentasi Pasar Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada UD. Rahmad Handycraft di Desa Balung Kulon Kecamatan Balung Kabupaten Jember.

Ahmad, Adibatul Hasanah (2017) Analisis Efektivitas Segmentasi Pasar Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada UD. Rahmad Handycraft di Desa Balung Kulon Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Adibatul Hasanah Ahmad_083 134 040.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pasar yang luas atau cukup luas berupa orang-orang atau organisasi yang tentu saja akan memiliki kondisi yang sangat beraneka ragam atau heterogen. Untuk itu perlu di pisah- pisahkan menjadi kelompok- kelompok yang memiliki sifat atau kondisi yang sama atau sejenis (homogen) membentuk segmentasi pasar. Segmentasi pada dasarnya adalah suatu cara pandang atau mental berfikir yang membantu seseorang untuk melihat isi dunia. Segmentasi membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran. yang selanjutnya akan digunakan sebagai alat analisis untuk penelitian ini. Pada penelitian ini, peneliti membuat beberapa fokus masalah yang diantaranya: 1)”Apakah strategi segmentasi pasar yang dilakukan oleh Industri Kerajinan sudah efektif dalam meningkatkan volume penjualan pada UD. Rahmad Handy Craft”? Tujuan penelitian ini adalah: 1)Untuk mengetahui penerapan segmentasi pasar yang di lakukan UD. Rahmad Handy Craff dan efektivitasnya terhadap peningkatan volume penjualan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu, 1) Penerapan segmentasi pasar yang di lakukan di UD. Rahmad Handycraft adalah sebagai berikut; UD. Rahmad Handycraft mampu mencapai target penjualan setelah di terapkannya segmentasi pasar. Rata- rata peningkatan penjualan produk kerajinan dalam data lima tahun terakhir adalah 2,7%. Segmentasi pasar yang di lakukan oleh UD Rahmad Handycraft sudah mencapai kriteria efektif di lihat dari (Kuantitas, Kualitas dan Waktu). Kata kunci : Efektifitas, Segmentasi Pasar, Strategi Pemasaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:49
Last Modified: 14 Mar 2023 08:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20146

Actions (login required)

View Item View Item