Strategi Diversifikasi Produk Kerajinan Semen Ornamen Cita Karya Art Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Di Desa Kembang Kuning Kabupaten Pasuruan.

Afifah, Amatullah (2018) Strategi Diversifikasi Produk Kerajinan Semen Ornamen Cita Karya Art Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Di Desa Kembang Kuning Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Amatullah Afifah_083134110.pdf

Download (7MB)

Abstract

Cita Karya Art merupakan salah satu industri yang bergerak dibidang kerajinan. Industri kerajinan Semen ornamen yang banyak digunakan untuk hiasan rumah, bangunan, masjid. Dalam pembuatannya Cita Karya Art harus memperhatikan nilai fungsi serta kegunaan untuk memenuhi kebutuhan individu dan para konsumennya. Dimana salah satu faktor utama yang harus dipertahankan adalah kualitas, desain yang unik, macam-macam bentuk, serta inovasi. Fokus kajian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Strategi diversifikasi industri kerajinan semen ornamen di Cita Karya Art? 2) Apakah strategi diversifikasi industri kerajinan semen ornamen dapat meningkatkan volume penjualan di Cita Karya art ?, Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui strategi diversifikasi industri kerajinan di Cita Karya Art. 2) Untuk mengetahui strategi diversifikasi industri kerajinan semen Ornamen dapat meningkatkan volume penjualan di CitaKarya Art. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, sedangkan metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode atau teknik, sertaanalisadatanya adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Strategi diversifikasi yang digunakan oleh Cita Karya Art adalah strategi terpusat yaitu merupakan penambahan jenis baru pada produk dengan lini produk yang sudah ada. Tujuan dari Cita Karya Art mendiversifikasikan produknya adalah untuk meningkatkan volume penjualan pada industri kerajinannyadan lain halnya Cita Karya Art ingin menambah jenis-jenis desain dan variasi pada setiap produknya. 2) Strategi diversifikasi produk pada kerajinan semen ornamen mengalami peningkatan pada penjualannya dan unitnya setiap tahunnya. Terbukti dari hasil tabel pada volume penjualan setiap tahunnya. Dimana pada tahun 2007 mengalami peningkatan sebesar 8 juta rupiah sampai pada tahun 2016 sebesar 200 juta rupiah dan unitnya 167 unit sampai dengan 2318 unit. Peningkatan volume penjualan itu dikarenakan adanya diversifikasi pada jenis –jenis produknya sehingga Cita Karya Art mengalami peningkatan pada penjualannya. Kata Kunci : Strategi Diversifikasi, Volume Penjualan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:49
Last Modified: 14 Mar 2023 08:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20159

Actions (login required)

View Item View Item