: Perilaku Ibu Rumah Tangga dalam Penggunaan Peralatan Masak di Desa Kalibaru Wetan Kecamatan Kalibaru Kabupaten Bayuwangi.

Kusniati, Endang (2017) : Perilaku Ibu Rumah Tangga dalam Penggunaan Peralatan Masak di Desa Kalibaru Wetan Kecamatan Kalibaru Kabupaten Bayuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Endang Kusniati_083134152.pdf

Download (6MB)

Abstract

Realitas yang ada di Desa kalibaru Wetan Kecamatan kalibaru Kabupaten Banyuwangidari data agregat kependudukan per desa dengan jumlah penduduk perempuan (jiwa)= 7.267 dengan jumlah KK (kartu keluarga) perempuan= 717. Ibu rumah tangga yang menggunakan peralatan modern 75% jumlah penduduk perempuan < 5.450 dari 7.267 dengan jumlah KK < 538 dari 717 sedangkan ibu rumah tangga yang menggunakan dandang 25% jumlah penduduk perempuan < 1. 817 dari 7.267 dengan jumlah KK < 179 dari 717. Secara umum mayoritas ibu rumah tangga menggunakan peralatan memasak modern seperti magicom dari pada dandang. Realitasnya bahwa di Kalibaru Wetan Kecamatan Kalibaru Kecamatan Kabupaten Banyuwangi justru mayoritas yang berprofesi sebagai pedagang dandang dan produsennya. Fokus penelitian yaitu, 1) Bagaimana perilaku ibu rumah tangga dalam penggunaan peralatan masak di Desa Kalibaru Wetan Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi? 2) Apa faktor-faktor yang mempengaruhi ibu rumah tangga dalam penggunaan peralatan masak di Desa Kalibaru Wetan Kecamatan Kalibaru Kabupaten banyuwangi? Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan perilaku ibu rumah tangga dalam penggunaan peralatan masak di Desa Kalibaru Wetan Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi ibu rumah tangga dalam penggunaan peralatan masak di Desa Kalibaru Wetan Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. Metodologi penelitian adalah pendekatan kualitatif dangan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstuktur, observasi partisipatif pasif dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) perilaku ibu rumah tangga dalam penggunaan peralatan masak di Desa Kalibaru Wetan Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi mengalami perubahan. Terbukti yang dulunya menggunakan peralatan masak tradisional seperti dandang, tungku, dan ulekan, sekarang menggunakan peralatan modern seperti magicom, kompor gas, oven dan blender. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi ibu rumah tangga dalam penggunaan peralatan masak di Desa Kalibaru Wetan antara lain faktor budaya, faktor sosial dan faktor pribadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:50
Last Modified: 14 Mar 2023 08:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20171

Actions (login required)

View Item View Item