Strategi Pemasaran BMT Sidogiri dalam meningkatkan jumlah nasabah (study kasus BMT Sidogiri cabang Pujer Kabupaten Bondowoso).

Mustaadah, Iftihatul (2017) Strategi Pemasaran BMT Sidogiri dalam meningkatkan jumlah nasabah (study kasus BMT Sidogiri cabang Pujer Kabupaten Bondowoso). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Iftitahul Mustaadah_083 122 090.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, meningkatkan jumlah nasabah. Kegiatan pemasaran selalu ada dalam setiap usaha, baik usaha yang berorientasi profit maupun usaha-usaha sosial. Pentingnya pemsaran dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat akan suatu produk dan jasa, pemasaran menjadi semakin penting dengan semakin meningkatnya pengetahuan masyarakat. Pemasaran juga dilakukan dalam rangka menghadapi pesaing yang dari waktu ke waktu semakin meningkat.BMT sebagai lembaga keuangan yang ditumbuhkan dari peran masyarakat luas, tidak ada batasan ekonomi, sosial bahkan agama. Semua komponen masyarakat dapat berperan aktif dalam membangun sistem keuangan yang lebih adil dan yang lebih penting mampu menjangkau lapisan pengusaha yang kecil sekalipun. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: a). Bagaimana strategi pemasaran BMT Sidogiri Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso? b). bagaimana upaya meningkatkan jumlah nasabah di BMT UGT Sidogiri Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso? Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan strategi pemasaran BMT UGT Sidogiri Pujer Kabupaten Bondowoso dan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan jumlah nasabah di BMT UGT Sidogiri Pujer Kabupaten Bondowoso. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Sedangkan metode pengumpulan datanya meliputi: metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode informannya menggunakan tehnik purposive sampling. Adapun analisis datanya menggunakan analisis deskriptif keabsahan datanya menggunakan trianggulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa a). strategi pemasaran BMT UGT Sidogiri Pujer menggunakan beberapa konsep strategi pemasaran yang dijalankan diantaranya strategi produk, harga, tempat, dan promosi. Dalam hal promosi lembaga BMT Sidogiri Pujer salah satunya dengan door to door (dari rumah ke rumah), sosialisasi melalui forum-forum, dan juga menyediakan brosur tentang BMT Sidogiri Pujer. b). sedangkan dalam meningkatkan jumlah nasabah BMT Sidogiri Pujer melakukan pendekatan dengan calon nasabah yang belum closing(belum mengenal BMT Sidogiri) dengan melakukan hubungan baik dengan calon nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:51
Last Modified: 14 Mar 2023 08:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20176

Actions (login required)

View Item View Item