Strategi Marketing Mix Untuk Meningkatkan Penjualan Bubuk Kopi UD.ANNAJUN di Dusun Sukmoilang Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember.

Rohmah, Faiqur (2017) Strategi Marketing Mix Untuk Meningkatkan Penjualan Bubuk Kopi UD.ANNAJUN di Dusun Sukmoilang Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Faiqur Rohmah_083 122 055.pdf

Download (4MB)

Abstract

Berbisnis merupakan aktivitas yang sangat dianjurkan dalam Islam. Dalam menjalankan dunia bisnis, tidaklah dapat terpisah dengan yang namanya pemasaran. Volume penjualan yang menguntungkan merupakan tujuan dari konsep pemasaran, untuk dapat meningkatkan volume penjualan, perusahaan harus dapat mempengaruhi konsumen dengan sarana 4P yang terdiri dari produk, harga, promosi, dan distribusi (tempat). Begitupun yang terjadi pada perussahaan bubuk kopi UD. ANNAJUN yang terletak di Desa Pace Kecamatan Silo Jember yang bergerak di bidang produksi dan perdagangan kopi yang menggunakan strategi pemasaran dengan memproduksi sendiri promosi yang awalnya di gunakan hanya dari mulut ke mulut (word of mouth) dan juga dipasarkan oleh tetangga sekitar sambil mengisi kekosongan waktu. Fokus masalah yang di teliti adalah: 1) Bagaimana strategi marketing mix di perusahaan kopi UD. ANNAJUN Pace, Silo? 2) Apa yang menjadi hambatanhambatan dalam meningkatkan penjualan bubuk kopi pada UD.ANNAJUN? 3) Bagaimana solusi dalam meningkatkan penjualan bubuk kopi UD.ANNAJUN? Tujuan dalam penelitian adalah 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana strategi marketing mix di perusahaan kopi UD. ANNAJUN Pace, Silo. 2). Untuk mendeskripsikan apa yang menjadi hambatan-hambatan dalam meningkatkan penjualan bubuk kopi pada UD.ANNAJUN. 3). Untuk mendeskripsikan bagaimana solusi dalam meningkatkan penjualan bubuk kopi UD.ANNAJUN. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif. Jenis penelitian menggunakan field research (penelitian lapangan). Teknik sampel yang dipilih adalah purposive sampling yaitu menentukan sampel dengan pertimbangan tertentu yang dipandang dapat memberikan data secara maksimal ddengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Keabsahan data yang digunakan adalah dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa:1). Dalam menjalankan usahanya UD. ANNAJUN sudah menerapkan bauran pemasaran (marketing mix) dan mengalami kemajuan signifikan dalam menjalankan 4 bauran pemasaran terhadap peningkatan penjualan, perusahaan kopi UD. ANNAJUN. 2). Hambatanhambatannya meliputi persaingan pasar dan tekhnologi. 3). Solusi dalam persaingan pasar yaitu membuat kemasan yang lebih kecil serta menjaga kualitas produk. Solusi dalam mengatasi tekhnologi yaitu memiliki mesin/alat yang dapat mempercepat produksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:51
Last Modified: 14 Mar 2023 08:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20178

Actions (login required)

View Item View Item