Optimalisasi Kualitas Produksi Batik pada UD. Bintang Timur Desa Sumberpakem Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember.

Hanapi, Jeffry Setiawan (2017) Optimalisasi Kualitas Produksi Batik pada UD. Bintang Timur Desa Sumberpakem Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Jeffry Setiawan Hanapi_083 134 137.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : Optimalisasi Kualitas Produksi Perusahaan perlu memperhatikan fungsi manajemen yang terakhir, yaitu pengawasan dan pengendalian yang tepat. Agar produk yang dihasilkan sesuai dengan apa yang diharapkan. Kualitas produksi mutlak untuk diimplementasikan sebagai jaminan pada konsumen, bahwa produk yang dilempar ke pasar memiliki mutu yang baik. Alasan peneliti melakukan penelitian di sini, karena merupakan salah satu pusat batik di Kecamatan Sumberjambe yang masih eksis sampai sekarang, dan terus berkembang setiap tahunnya. Fokus penelitian ini adalah : 1) Apa saja standar kualitas produksi batik pada UD. Bintang Timur di Desa Sumberpakem Kabupaten Jember?, 2) Apa yang menjadi kendala produksi pada UD. Bintang Timur di Desa Sumberpakem Kabupaten Jember?, 3) Bagaimana cara untuk mengatasi kendala-kendala produksi pada UD. Bintang Timur di Desa Sumberpakem Kabupaten Jember? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui standar kualitas produksi batik pada UD. Bintang Timur di Desa Sumberpakem Kabupaten Jember, 2) Mengetahui yang menjadi kendala dalam proses produksi pada UD. Bintang Timur di Sumberjambe Jember, 3) Mengetahui cara-cara untuk mengatasi kendala-kendala produksi pada UD. Bintang Timur di Sumberjambe Jember. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Penentuan informannya menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisa data dalam penelitian ini dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Penelitian memperoleh kesimpulan bahwa: 1) Standar kualitas produksi batik pada UD. Bintang Timur yaitu: proses pewarnaan kain rata, warna kain tidak pudar, kain tidak menyusut dan kain tidak berlubang. 2) Kendala-kendala produksi yang terjadi pada UD. Bintang Timur yaitu: proses pewarnaan kain, proses pengerian pada musim hujan, proses pengiriman bahan-bahan batik dan tradisi atau budaya setempat. 3) Cara mengatasi kendala-kendala produksi yang terjadi pada UD. Bintang Timur yaitu: dengan cara melakukan perencanaan dan pengawasan produksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150310 Organisation and Management Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:51
Last Modified: 14 Mar 2023 08:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20192

Actions (login required)

View Item View Item