Perumusan Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Analisis BCG ( Boston Consulting Group) pada perusahaan UD. Dua Putri

Anggunsari, Marta Tri (2017) Perumusan Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Analisis BCG ( Boston Consulting Group) pada perusahaan UD. Dua Putri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Marta Tri Anggunsari_ 083 112 058.pdf

Download (9MB)

Abstract

Setiap perusahaan menginginkan produknya dapat diterima oleh masyarakat oleh karena itu setiap perusahaan harus dapat mengoptimalkan strategi pemasaran guna untuk mencapai tujuan perusahaan. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pertumbuhan pasar, pangsa pasar relatif dan strategi pemasaran yang dilakukan oleh UD. DUA PUTRI berdasarkan matrik BCG (Boston Consulting Group). Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penulisan ini adalah dengan metode riset lapangan yang meliputi kegiatan observasi dan wawancara. Matrik BCG dilakukan berdasarkan laporan penjualan UD. Dua Putri pada tahun 2011 sampai tahun 2015 yang dibandingkan dengan laporan penjualan pesaing yaitu UD. Kurnia Rasa, UD. Barokah dan UD. Cita Rasa untuk mengetahui pertumbuhan pasar dan pangsa pasar. Dari hasil penelitian dengan analisis BCG (Boston Consulting Group), dapat diketahui bahwa tingkat pertumbuhan pasar UD. Dua Putri tahun 2015 yaitu sebesar 4,3%. Posisi persaingan pangsa pasar relatif UD. Dua Putri dengan UD. Kurnia Rasa, UD. Barokah dan UD. Cita Rasa yaitu sebesar 1,4. Nilai positif berarti pangsa pasar relatif pada tahun 2015 lebih besar. UD. Dua Putri dengan UD. Kurnia Rasa, UD. Barokah dan UD. Cita Rasa berada pada posisi Cash Cow. Kata Kunci : Pemasaran, Matrik BCG.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:51
Last Modified: 14 Mar 2023 08:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20195

Actions (login required)

View Item View Item