Analisis penerapan Integrated Marketing Communication Dalam Meningkatkan Penjualan Buku Metode Al-Bidayah

Khalili, Muhammad (2019) Analisis penerapan Integrated Marketing Communication Dalam Meningkatkan Penjualan Buku Metode Al-Bidayah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Khalili_E20152106.pdf

Download (15MB)

Abstract

Penjualan buku Metode Al-Bidayah pada awalnya dilakukan menggunakan Penjualan langsung dan hanya beberapa buku saja yang terjual, kemudian di dalam mempromosikan bukunya pondok pesantren Al-Bidayah menerapkan konsep Integrated Marketing Comunication yang terdiri dari aspek Periklanan, Penjualan personal, Promosi penjualan, Hubungan masyarakat, Penjualan langsung, Acara dan pengalaman dapat meningkatkan penjualan buku Metode Al-Bidayah, Dalam penggunaan Integrated Marketing Comunication dilakukan dengan dua cara, yaitu secara online pemasaran buku Metode Al-Bidayah menyediakan website untuk memudahkan konsumen dalam memasuki market place, toko online, Youtube, dengan pembuatan video promosi yang dalam setiap minggunya akan dilakukan syuting tentang bedah buku dan penerapan buku Metode Al-Bidayah, yang nantinya akan dishare di media-media sosial, Secara offline pondok pesantren Al-Bidayah juga melakukan bedah buku di pesantren-pesantren yang tersebar di daerah sekitar Jember, baik dalam undangan atau acara seminar-seminar, pemberian hadiah buku kepada pesantren yang dikunjungi, pamflet- pamflet yang disebar dalam pendidikan formal dan pendidikan non-formal, perguruan tinggi yang tersebar di Jember dan luar Jember. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana analisis penerapan IMC dalam penjualan buku Metode Al-Bidayah ? 2. Apa kendala penerapan IMC dalam meningkatkan penjualan buku Metode Al-Bidayah ? Tujuan penelitian ini adalah : 1. Mendeskripsikan analisis penerapan IMC dalam penjualan buku Metode Al-Bidayah. 2. Mendeskripsikan kendala penerapan IMC dalam meningkatkan penjualan buku Metode Al-Bidayah Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan informannya mengunakan teknik purposive. Sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisa menggunakan reduksi data, kemudian penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) secara garis besar Penerapan IMC yang ada di Pondok Al-Bidayah dilakukan dengan menggunakan dua cara yakni secara offline dan online,yang telah memberikan manfaat yg besar, hal ini terbukti dari peningkatan penjualan buku. 2) Terdapat dua kendala besar dalam pelaksanaan IMC yang ada di Pondok Al-Bidayah yang pertama kendala personal meliputi kemampuan mempengaruhi konsumen melalui komunikasi langsung secara berhadapan dengan pelanggan dan calon pembeli dinilai masih kurang baik,dan pengetahuan tentang pembuatan konten dan copy writting dari tim media dinilai masih kurang baik dalam upanya menarik calon pembeli. kendala teknis meliputi kendala didalam pembuatan video promosi, pelatihan,kendala pemasaran langsung. Kata kunci: Integrated Marketing Comunication

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:52
Last Modified: 14 Mar 2023 08:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20206

Actions (login required)

View Item View Item