Manajemen Pemasaran PT. Lejel Home Shopping Area Jember Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam.

Husen, Muhammad (2017) Manajemen Pemasaran PT. Lejel Home Shopping Area Jember Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Husen_083 122 093.pdf

Download (16MB)

Abstract

Manajemen pemasaran adalah suatu proses sosial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan denganmenciptakan, menawarkan dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana manajemen pemasaran yang diterapkan PT. Lejel Home Shopping Area Jember?. 2) Bagaimana manajemen pemasaran PT. Lejel Home Shopping Area Jember dalam perspektif Etika Bisnis Islam? Tujuan penelitian ini dalah Mendeskripsikan manajemen pemasaran di PT. Lejel Home Shopping Area Jember dan mendeskripsikan manajemen pemasaran di PT. Lejel Home Shopping Area Jember dalam perspektif Etika Bisnis Islam. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneleti mengunakan penelitian lapangan (field reseaceh) yaitu penelitian yang dilakukan di kancah atau medan terjadinya gejala-gejala baik dalam bentuk kata-kata maupun bahasa yang terjadi di PT. Lejel Home Shopping dalam analisa Etika Bisnis Islam. Dengan teknik pengumpulan data Observasi, Interview atau wawancara dan dokumenter Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa : 1) Dalam prakteknya, PT. Lejel Home Shopping dalam konsep pemasaran produk mengutamakan kebutuhan konsumen yang terdiri dari beberapa produk kecantikan, kesehatan, peralatan dapur, peralatan rumah tangga dan olahraga. Konsep pemasaran harga ditentukan dari produk produksi perusahaan sendiri dan produk hasil kerjasama. Konsep Pemasaran distribusi mengedepankan pemerataan barang produk disetiap area untuk menjaga ketersediaan kebutuhan konsumen. Konsep pemasaran promosi bekerja sama dengan stasiun Televisi lokal di Jember sebagai bentuk komunikasi perusahaan dengan konsumen lebih mengenal produk-produk yang ditawarkan. Dalam konsep pelaksanaanya PT. Lejel Home Shopping meningkatkan produknya dan menjaga kepercayaan konsumen dengan menginovasi Produk lama, Produk Baru dan produk hasil kerja sama. Pelaksanaan pemasaran harga dievaluasi setiap satu bulan sekali untuk menetapkan harga yang stabil. Pelaksanaan pemasaran promosi dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan Stasiun Televisi Lokal sebagai kedekatan dan mempermudah konsumen perusahaan. 2) Dalam Perpektif Etika Bisnis Islam, menjelaskan bahwa Produk di PT. Lejel Home Shopping belum memiliki standar klasifikasi untuk poduk-produk yang dipasarkan. Hal ini menimbulkan pemasaran di PT. Lejel Home Shopping bagi peneliti belum sesuai dengan Etika Bisnis Islam dikarenakan produk-produk perusahaan belum jelas proses dan jenisnya. Ketidak sesuaian konsep pemasaran produk di PT. Lejel Home Shopping dengan Konsep Etika Bisnis Islam tidak akan mempengaruhi manajemen pemasaran yang ada diperusahaan. Namun, hal ini perlu dievaluasi untuk kualitas barang dan kreteria barang yang bisa diperjual belikan dalam perspektif Etika Bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:52
Last Modified: 14 Mar 2023 08:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20211

Actions (login required)

View Item View Item