Rofi'ah, Muthi'Atur (2017) Strategi Pemasaran Pedagang Muslim Di Pasar Tanjung Di Tengah Maraknya Indomaret Dan Alfamart. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Muthi’Atur Rofi’Ah_083 134069.pdf Download (19MB) |
Abstract
Bisnis merupakan solusi dalam mencukupi kebutuhan manusia. Setiap manusia memerlukan harta dan kekayaan untuk memenuhi kebutuhannya. Dunia perdagangan merupakan salah satu solusi dalam pemenuhan kebutuhan manusia. Bagi pedagang yang tidak siap menghadapi persaingan usaha dengan menggunakan berbagai strategi pemasaran yang menarik dan manajemen yang baik, maka mereka akan tertindas atau kalah dalam persaingan usaha yang digelutinya. Tak heran jika banyak pedagang yang tidak menerapkan strategi pemasaran secara tepat akan semakin tertindas, salah satunya Pasar Tanjung yang berada di Kabupaten Jember. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana strategi pemasaran pedagang muslim di Pasar Tanjung di tengah maraknya Indomaret dan Alfamart? 2) Apa saja kendala yang dihadapi pedagang muslim di pasar tanjung di tengah maraknya Indomaret dan Alfamart? 3) Bagaimana solusi dari kendala yang dihadapi oleh pedagang muslim dipasar tanjung ditengah maraknya Indomaret dan Alfamart?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi pemasaran yang diterapkan pedagang muslim di Pasar Tanjung di tengah maraknya Indomaret dan Alfamart dan kendala yang dialami pedagang muslim serta mencari solusi apa yang tepat dalam mengatasi kendala yang dialami oleh pedagang muslim di pasar tanung ditengah maraknya Indomaret dan Alfamart. Untuk mengidentifikasi permasalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan jenis penelitian (field research), yaitu penelitian yang dilakukan disuatu tempat yang dipilih sebagai lokasi untuk menyelidiki gejala objektif. Adapun teknik pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara tidak terstruktur yaitu wawancara yang di gunakan hanya berupa garis-garis besar permasalahan yang akan ditanyakan, peneliti menggunakan metode observasi partisipatif pasif, artinya peneliti datang di tempat kegiatan orang yang diamati, tetapi tidak ikut terlibat dalam kegiatan tersebut dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) strategi pemasaran pedagang muslim di pasar Tanjung yaitu strategi marketing mix yang terdiri dari strategi produk dengan mengembangkan jenis produk yang dijualnya, tentunya termasuk produk yang halal. Strategi harga dengan menggunakan metode penetapan harga mark-up pricing dan cost-plus pricing. Strategi promosi yang digunakan dengan cara kontak langsung dengan konsumen (personal selling). Sedangkan untuk strategi distribusi yang digunakan yaitu saluran nol tingkat atau saluran pemasaran langsung dimana produsen langsung menyalurkan barang kepada konsumen tanpa melalui perantara. Dan untuk pelayanan mereka sering membeda-bedakan konsumen. 2) kendala yang dialami yaitu pertama kendala kepercayaan pembeli yang rendah dan kualitas pelayanan yang masih kurang. 3) solusi untuk mengatasi kendala tersebut yaitu menjalin relasi sosial dengan baik, memperbaiki kualitas produk tidak membeda-bedakan pelayanan, sopan, ramah serta menjaga kebersihan lingkungan dan menata penempatan barang supaya kelihatan menarik. Kata Kunci : Strategi Pemasaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 14 Mar 2023 08:52 |
Last Modified: | 14 Mar 2023 08:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20215 |
Actions (login required)
View Item |