Analisis Strategi Pemasaran Produk Halal (Studi Pada Produk Kedelai Edamame PT.Mitratani Dua Tujuh)

Ulum, Shohibul (2020) Analisis Strategi Pemasaran Produk Halal (Studi Pada Produk Kedelai Edamame PT.Mitratani Dua Tujuh). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Shohibul Ulum_0839217032.pdf

Download (7MB)

Abstract

kata kunci : Strategi Pemasaran, Produk Halal, Kedelai Edamame. Pemasaran merupakan sesuatu yang sangatx penting dalam dunia bisnis atau wirausaha entah itu berskala besar maupun kecil, menengah, ataupun yang berskala besar. marketing atau pemasaran itu merupakan kaki tangan perusahaan terdepan. Sebagai garda depan perusahaan dalam meraih profit, sudah barang tentu orang-orang yang berada dibagian ini haruslah memilikix kemampuan yang handal, aktif dan juga tidak mudah putus asa dalam setiap menghadapi persaingan usaha untuk merebut pangsa pasar dari bisnis yang menjadi andalannya. Dalam hal ini strategi pemasaran sangatlah penting untuk diterapkan di PT.Mitratani Dua Tujuh guna untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan dari skala nasional hingga skala internasional. Penelitian ini difokuskan pada tiga hal, yakni (1).Bagaimanakah peranan Jaringan Pemasaran Produk kedelai PT.Mitra Tani Dua Tujuh dalam mengembangkan produk halal ke pasar global?. (2).Bagaimanakah Strategi PT. Mitra Tani Dua Tujuh Jember dalam menghadapi persaingan bisnis ?(3).Bagaimanakah strategi PT. Mitra Tani Dua Tujuh dalam mempertahankan kualitas kedelai dari para pesaing ? Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research). dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang mana peneliti ingin mengetahui langsung dari pelaku di tempat peneliti. Peneliti memiliki kesimpulan Pertama, PT.Mitratani Dua Tujuh melibatkan banyak pihak kerjasama antar mitra bisnis, edamame berhasil dipasarkan pada pasar lokal dan internasional. Jaringan pendukung adalah semua pihak atau lembaga yang mendukung kegiatan usaha PT.Mitratani, seperti LPPOM-MUI dalam proses sertifikasi, shiping line proses distribusi eksport, Bank. Pola hubungan vertikal yaitu hubungan PT.Mitratani dengan petani, distributor, pengecer, produsen makanan olahan edamame, dan hubungan kedepan (hilir) atau (hulu), PT.Mitratani tidak lepas dari penggunaan media tekhnologi dan informasi sebagai sarana untuk memperluas pemasaran ke pasar global. Kedua, untuk menciptakan keunggulan dalam bersaing PT.Mitratani fokus pada permintaan pelanggan dan konsumen, dan membangun kepercayaan yang paling utama. pada pembudidayaan edamame dimulai dari penanaman, pemakaian pestisida, pupuk, sampai panen yang diawasi oleh quality control, dalam menjaga kualitas PT.Mitratani Dua Tujuh menerapkan HACCP, SOP, dan GMP dalam proses pengolahan dan produksinya. Ketiga, Manajemen budidaya edamame diawali dengan mendidik tenaga kerjanya guna merealisasikan rekayasa dan adaptasi tekhnologi tanaman dari daerah sub tropis ke daerah tropis, didasari oleh permintaan konsumen yang terus berlangsung setiap tahun. Pada proses produksi, budidaya dan pengolahan memegang peranan penting dalam menciptakan produk yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:23
Last Modified: 17 Mar 2023 01:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20337

Actions (login required)

View Item View Item