Upaya Kepala Madrasah dalam Membangun Karakter Kepribadian Guru Di Madrasah Aliyah Sunan Ampel Gumukmas Jember.

Millah, Nurul (2017) Upaya Kepala Madrasah dalam Membangun Karakter Kepribadian Guru Di Madrasah Aliyah Sunan Ampel Gumukmas Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nurul Millah_084 911 4012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Upaya Kepala Madrasah dan Karakter Kepribadian Guru Kepala madrasah merupakan manajer dalam sebuah lembaga pendidikan. Merupakan posisi yang sangat vital dalam sebuah lembaga pendidikan. Maju tidaknya sebuah lembaga pendidikan sangat dipengaruhi oleh upaya seorang manajer dalam menjalankan strategi- strategi kepemimpinan, salah satu bentuk upaya dalam memperbaiki kepribadian peserta didik, terlebih dahulu memperbaiki kepribadian gurunya. Oleh karena itu, guru diharapkan memiliki karakter yang diperlukan untuk melaksanakan tugas dan fungsinya secara efektif dan efisien. Karakter kepribadian merupakan salah satu kualifikasi guru yang terpenting, bila ini tidak ada pada diri seorang guru,lalu bagaimana seorang murid akan memperoleh akhlaq dan moral yang baik. Dalam penelitian ini fokus penelitian dirumuskan sebagai berikut; (1) bagaimana upaya kepala madrasah dalam membangun keteladanan guru?, (2) bagaimana upaya kepala madrasah dalam membangun sikap arif dan bijaksana guru?, (3) bagaimana upaya kepala madrasah membangun akhlaq mulia guru? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (qualitative research) jenis deskriptif. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data yang digunakan menggunakan analisis data interaktif yaitu meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Adapun hasil penelitian ini upaya kepala madrasah membangun keteladanan guru yaitu dengan Motivasi dari kepala Madrasah ,memberikan motivasi dan dorongan kepada guru agar memiliki pribadi yang mampu menjadi teladan bagi muridnya. Melalui Pendekatan baik dengan tingkah laku maupun dengan pembicaraan. Kepala madrasah menggunakan pendekatan baik bilhal dan billisan tujuannya tidak lain demi mencapai tujuan dari kepala madrasah untuk menjadikan guru sebagai titik contoh terang bagi peserta didiknya. Melalui Pembinaan baik dari Kepala Madrasah maupun Ketua Yayasan. Upaya Kepala Madrasah dalam MembangunSikap Arif dan Bijaksana Guru, yaitu Kepala Madrasah menempatkan dirinya sebagai mitra kerja. Kepala Madrasah memberikan teguran yang santun terhadap guru. Melalui pembinaan yang dilakukan oleh kepala madrasah. menciptakan lingkungan yang positif. Upaya Kepala Madrasah dalam Membangun Akhlaq Mulia Guru, Keteladanan dari kepala madrasah, kepala madrasah melakukan pembiasaan dalam hal hal yang positif.: melalui pembinaan dalam rapat koordinasi dan rapat evaluasi. adanya kegiatan rutin, kegiatan spontanitas dan kegiatan terprogram yang merupakan budaya dimadrasah tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:26
Last Modified: 17 Mar 2023 01:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20362

Actions (login required)

View Item View Item