Model Pembelajaran Tematik Integratif dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Lumajang Tahun Pelajaran 2018/2019.

Sulthon, Elok Aini (2019) Model Pembelajaran Tematik Integratif dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Lumajang Tahun Pelajaran 2018/2019. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Elok Aini Sulthon_0849416008.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran Tematik, Karakter. Model pembelajaran tematik integratif membantu pembentukan karakter siswa yaitu; Religius dengan pembiasaan yang didesain sistem pesantren yang mencetak generasi santri yang berakhlak mulia. Tanggung jawab atas tugasnya Peduli lingkungan dengan membiasakan menjaga kebersihan lingkungan. Fokus: 1) Bagaimana model pembelajaran tematik integratif keterhubungan? 2) Bagaimana model pembelajaran tematik integratif jaring labalaba? 3) Bagaimana model pembelajaran tematik integratif keterpaduan dalam pembentukan karakter peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Lumajang?. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan model pembelajaran tematik integratif: 1) keterhubungan 2) jaring laba-laba 3) keterpaduan dalam pembentukan karakter peserta didik di MI Nurul Islam Lumajang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Robert Maynard Hutchins tentang model pembelajaran tematik keterhubungan, dan diperkuat oleh Y. Padmono, teori Lyndon B. Jonhson tentang model pembelajaran tematik jaring laba-laba diperkuat oleh Arends, teori John Milton tentang model pembelajaran tematik keterpaduan diperkuat oleh Paul Eggen dan Don Kauchak dan teori Ibnu Miskawaih serta Thomas Lickona membahas tentang karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode kualitatif deskriptif. Jenis penelitian studi kasus. Teknik penentuan subjek penelitian purposive. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan datanya dengan teknik trianggulasi sumber dan teknik. Hasil temuan ini: 1)Model pembelajaran tematik integratif keterhubungan berupa Perencanaan (menentukan konsep dan karakter; merumuskan tujuan pembelajaran; dan langkah-langkah pembelajaran). Pelaksanaan (penataan tempat siswa dengan sistem acak; pembelajarannya menerapkan 5M dan penggunaan media kolam ikan buatan dalam kelas). Evaluasi menggunakan proses dan hasil. 2)Model pembelajaran tematik integratif jaring laba-laba berupa perencanaan (menentukan tema sentral, mengidentifikasi konsep dan menentukan jadwal sesuai dengan tema), (penyampaian tujuan, demonstrasi, praktik terpadu, umpan balik, latihan), evaluasi menggunakan penilaian tes dan portofolio. 3)Model pembelajaran tematik integratif keterpaduan berupa perencanaan (mengidentifikasi konsep, merumuskan konsep, dan penyusunan silabus serta RPP sesuai karakter siswa). Pelaksanaan (berujung terbuka, kausal, penutup dan penerapan). Evaluasi menggunakan penilaian proyek dan produk.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:27
Last Modified: 17 Mar 2023 01:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20383

Actions (login required)

View Item View Item