Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember.

Islamiah, Irfa Umaroh (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Irfa Umaroh Islamiah_0849316005.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Media pembelajaran, Gaya Belajar, Hasil Belajar. Model pembelajaran merupakan salah satu faktor yang sangat mendukung peningkatan hasil belajar, hal ini disebabkan model pembelajaran mengarah kepada perilaku dan proses berfikir yang digunakan siswa dalam memecahkan masalah dalam belajar. Siswa dapat aktif jika diberikan model pembelajaran yang tepat. Selain model pembelajaran yang digunakan juga terdapat beberapa faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar siswa, salah satunya adalah gaya belajar siswa.Gaya belajar adalah kombinasi dari bagaimana dia menyerap dan kemudian mengatur serta mengolah informasi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Apakah ada perbedaan yang signifikan hasil belajar fiqih antara siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning (PBL) dan model kooperatif tipe numbered heads together (NHT)? (2) Apakah ada perbedaan yang signifikan hasil belajar fiqih antara siswa yang memiliki gaya belajar visual, gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik? (3) Apakah ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran problem based learning dan cooperative learning tipe numbered heads together dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar fiqih? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen menggunakan desain faktorial 2x3 berbentuk pretest-posttest, nonequivalen control group desain. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 1 Jember yang terdiri dari 7 kelas. Kelas yang dijadikan sampel kelompok eksperimen adalah kelas VII D berjumlah 38 orang dan kelas kontrol adalah kelas VII B berjumlah 30 orang. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dan angket untuk gaya belajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar fiqih antara siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning (PBL) dan model kooperatif tipe numbered heads together (NHT). (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar fiqih antara siswa yang memiliki gaya belajar visual, gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran problem based learning dan cooperative learning tipe numbered heads together serta gaya belajar siswa terhadap hasil belajar fiqh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:27
Last Modified: 17 Mar 2023 01:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20385

Actions (login required)

View Item View Item