Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Inklusi Taman Pendidikan dan Asuhan Jember.

Sholihah, Imro'atus (2018) Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Inklusi Taman Pendidikan dan Asuhan Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IMRO’ATUS SHOLIHAH_0849115005.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata kunci: Manajemen, Pembelajaran Pendidikan adalah merupakan sarana bentuk kepribadian serta untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia,sehat, berilmu, cakap, creative, dan mandiri serta tanggung jawab. Maka dari itu tujuan pendidikan SMP Inklusi TPA Jember ini tidak ada lagi diskriminasi antara anak berkebutuhan khusus untuk bisa belajar bersama dengan anak normal. Karena anak berkebutuhan khusus juga ingin mendapatkan pembelajaran seperti anak normal lainnya. Sehingga, mempunyai peranan yang sangat urgen untuk memberi pengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan siswa. Fokus penelitian ini adalah “Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Inklusi TPA Jember”. Selanjutnya dijabarkan dalam beberapa pertanyaan penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Inklusi TPA Jember?2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Inklusi TPA Jember? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islamdi SMP Inklusi TPA jember? Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalahPendekatan Kualitatif Deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknis analisis data menggunakan kualitatif interaktif dan keabsahan data menggunakan Triangulasi Sumber dan Teknik. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Inklusi TPA Jember , guru diharuskan membuat perangkat pembelajaran yang berupa: Silabus, Program Tahunan (Prota), Analisis Minggu Efekti ,Program Semester (Prosem),Perencanaan Pelaksanaan pembelajaran (RPP) ,dan perangkat pembelajaran tersebut harus sudah selesai sebelum hari pertama pembelajaran di mulai pada Tahun Ajaran Baru kemudian diserahkan kepada Waka Kurikulum , serta Program Pembelajaran Individual (PPI) yang dibuat setelah ada anak berkebutuhan khusus yang tidak mengikuti pembelajaran kelas klasikal yang membuat khusus Guru Pendamping Khususnya. Dalam pelaksanaan pembelajaran terdapat 2 Guru di dalam kelas. Guru PAI dan guru pendamping khusus mempunyai metode sendiri dalam proses pembelajarn kegiatan awal (pendahuluan), kegiatan inti ataupun kegiatan akhir (penutup). Evaluasi pembelajaran PAI di temukan perbedaan . sedangkan dalam mengevaluasi guru PAI meliputi Tiga Aspek yaitu: Kognitif, Psikomorik, dan Afektif, sedang Guru Pendamping Khusus menilai Anak Berekebutuhan Khusus yang dilihat dari segi Prosesnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:47
Last Modified: 17 Mar 2023 01:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20421

Actions (login required)

View Item View Item