Strategi Pemasaran Sekolah dalam Rekrutmen Peserta Didik Baru Di MIMA 01 KH. Shiddiq Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018 / 2019.

Maziyah, Silfiyah Aisyatul (2019) Strategi Pemasaran Sekolah dalam Rekrutmen Peserta Didik Baru Di MIMA 01 KH. Shiddiq Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018 / 2019. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SILFIYAH AISYATUL MAZIYAH_0849117040.pdf

Download (12MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Pemasaran Sekolah, Rekrutmen Peserta Didik Pendidikan mempunyai peran penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan kehidupan suatu bangsa dan juga menjadi tolak ukur kemajuan yang menjadi cermin kepribadian masyarakat. Saat ini banyak sekali lembagalembaga pendidikan yang berdiri tetapi jumlah peserta didik semakin sedikit. Hal ini mengakibatkan lembaga-lembaga pendidikan saling bersaing untuk mendapatkan peserta didik yang banyak. Apabila sekolah tersebut tidak mampu bersaing dengan yang lainnya maka akan mendapatkan peserta didik yang sedikit bahkan banyak yang ditutup karena tidak ada peserta didiknya. Pemasaran jasa pendidikan harus mempunyai ide-ide kreatif untuk lembaganya dalam menghadapi perkembangan zaman. Oleh sebab itu, strategi pemasarannya harus tepat sasaran dalam jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana konsep perencanaan pemasaran dalam rekutmen peserta didik baru di MIMA 01 KH. Shiddiq Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019, 2) Bagaimana pelaksanaan pemasaran dalam rekutmen peserta didikbaru di MIMA 01 KH. Shiddiq Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 3) Bagaimana faktor pendukung dan kendala pemasaran dalam rekutmen peserta didik baru di MIMA 01 KH. Shiddiq Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif jenisnya fenomelogis. Pengumpulan Data menggunakan metode : observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif model Milis and Hubberman yaitu : data collection (pengumpulan data), data condensation (kondensasi data), data display (Penyajian Data), conclusions (penarikan kesimpulan). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik : observasi partisipan, wawancara terbuka dan dokumentasi sedangkan untuk mengecek Keabsahan Data memakai : Uji Kredibilitas yaitu (1) Triangulasi diantaranya triangulasi sumber dan triangulasi teknik/metode. Hasil penelitian ini adalah 1) Konsep perencanaan strategi pemasaran dalam rekrutmen peserta didik baru menggunakan Bauran Pemasaran (4P) konsep produk (product), konsep harga (price), konsep promosi (promotion) dan konsep tempat (place). 2) Pelaksanaan pemasaran dalam rekrutmen peserta didik baru menggunakan Identifikasi Pasar dan Segmentasi pasar dan positioning. 3) Faktor pendukung dan kendala pemasaran dalam rekrutmen peserta didik baru terdiri Faktor Pendukung Pemasaran menjalin kepercayaan kepada masyarakat dan Faktor kendala pemasaran terdapat pada minimnya akses media informasi lembaga mempunyai program untuk terjun langsung ke masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:52
Last Modified: 17 Mar 2023 01:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20475

Actions (login required)

View Item View Item