Muhlisin, Mr (2019) Upaya Pedagang Pasar Jatisari dalam Mempengaruhi Minat Konsumen di Desa Jatisari Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Mr. Muhlisin_083 144 137.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pasar adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual melalui pengembangan program oleh pihak pengelola pasar, tidak hanya itu, para pedagang memprioritaskan pelayanan semaksimal mungkin sesuai adat, budaya yang ada di Desa Jatisari, sehingga pasar tradisonal yang terletak di Desa Jatisari mampu meningkatkan daya tarik jumlah konsumen. Berdasarkan fokus masalah yang diteliti skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana upaya pedagang Pasar Jatisari dalam mempengaruhi minat konsumen di Desa Jatisari Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember?. (2) Bagaimana Strategi pedagang dan pelayanan dalam mempengaruhi minat konsumen di Pasar Jatisari Desa Jatisari Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember? Tujuan penelitian adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana upaya pedagang Pasar Jatisari dalam mempengaruhi minat konsumen di Desa Jatisari Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember? (2) Untuk mengetahui bagaimana daya tarik konsumen di Pasar Jatisari Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Adapun kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Dalam ragam strategi pengembangan di pasar Jatisari dalam mempengaruhi minat konsumen dapat diketahui ada penambahan jumlah dengan program revitalisasi, penambahan fungsi dengan program pengembagan bank di Pasar Jatisari, perluasan pasar dengan promo pasar sesuai sesuai dengan tradisi adat budaya desa seperti pengajian, jalan santai, lomba dan kegiatan lainya, dan hasil pelaksanaan program-program diatas tersebut tidak lepas dari hasil musyawarah antara pedagang dengan pimpinan pasar sehingga Pasar Jatisari tidak kaku. (2) Analisis strategi pedagang dan pelayanan dalam mempengaruhi minat konsumen bahwa pedagang Pasar Jatisari sudah memiliki kemampuan, seperti mengetahui tentang karater-karakter konsumen dalam transanksi pedagang maupun pelayanan, sehingga dapat mempengaruhi konsumen. Kata kunci: pedagang, mempengaruhi konsumen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 01:52 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 01:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20479 |
Actions (login required)
View Item |