Mahyudi, Mr. (2020) Analisa Strategi Pemasaran Islami Dalam Mengembangkan Unit-Unit Bisnis Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Kec. Banyuputih Kab. Situbondo. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Mr. Mahyudi_0839218032.pdf Download (6MB) |
Abstract
Kata Kunci: Analisa, Strategi, Pemasaran, Islami, Pengembangan, Unit, Bisnis, dan Pesantren. Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo mempunyai keunggulan kompetitif, mempunyai keunikan terutama keberhasilan dalam menejemen pengembangan usaha ekonomi pesantren sehingga unit usahanya terus bertambah. Hal ini membuktikan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo memiliki nilai lebih dalam mengembangkan lembaga pendidikan yang dikelolanya secara tepat guna dalam merespon tuntutan perubahan dan perkembangan iptek. Dilihat dari sisi pengelolaan dan pengembangan usaha ekonomi Pesantren sebagai salah satu sumber penggalian dana pendidikan, Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo terus berkembang secara mandiri dan produktif, dibuktikan dengan bertambahnya unit-unit usaha baru. Yang sekarang berjumlah 3 Bidang usaha diantaranya: Kopontren Musa’adah, UD. Assyarif, BMT Salafiyah. Untuk menjaga serta meningkatkan sumber pendapatan ekonomi pesantren, pengasuh bersama pengurus selalu melakukan pembenahan di seluruh sektor. Semisal dalam bidang staregi pemasaran dan lain-lain. Berhubung unit bisnis berada dibawah naungan pondok telah semestinya menggunakan cara-cara Islami dalam praktek dan menghadapi beberapa usaha saingan. Dari diskripsi diatas memunculkan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana pelaksanaan pengembangan unit-unit bisnis pondok pesantren salafiyahsyafi’iyah Sukorejo Situbondo?, (2) Bagaimana analisis strategi pemasaran islami dalam pengembangan unit-unit bisnis pondok pesantren salafiyah-syafi’iyah Sukorejo Situbondo?. Untuk menjawab rumusan masalah tesebut peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian yang akan digunakan adalah pendekatan lapangan (field research), peneliti melihat mutu dan kualitas yang diteliti. Dari penelitian yang telah dilakukan, ditemukan kesimpulan bahwa: Untuk mengembangkan unit-unit bisnis kopontren Musa’adah, pengurus menerapkan beberapa strategi diantaranya: 1) Membangun unit usaha yang sesuai dengan kebutuhan atau minat calon Konsumen (cermat dalam berinvestasi), 2) Membangun kemitraan dengan pemerintah dan Dinas terkait, 4) Memanfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Internal Koperasi, 5) Memberikan pengembangan dan pelatihan seputar koperasi syariah dan ekonomi islam kepada pegawai Koperasi, 6) Meningkatkan kualitas daya saing unit usaha Koperasi baik dari segi harga maupun kualitas produk/jasa untuk membangun kepercayaan konsumen. Selain menerapkan langkah tersebut, kopontren Musa’adah juga menerapkan strategi pemasaran Islami. UD. Assyarif dalam mengembangkan unit bisnisnya melakukan beberapa langkah, diantaranya: Penguatan Kapasitas, Sharing Knowledge Manajemen Keuangan, Sharing Knowledge Membaca Kebutuhan Pasar (segmentasi pasar). Selain menerapkan langkah tersebut, UD.Assyarif juga menerapkan strategi pemasaran Islami. Langkah-langkah pemasaran Islami yang diterapkan oleh BMT Salafiyah dalam mengembangkan perusahaan di
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Program Magister > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 08:53 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 08:53 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20569 |
Actions (login required)
View Item |