“Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Produk Pembiayaan Syariah (Studi Kasus BMT Maslahah Cabang Sukowono Kabupaten Jember Tahun 2018).

Supriyanto, Mr (2018) “Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Produk Pembiayaan Syariah (Studi Kasus BMT Maslahah Cabang Sukowono Kabupaten Jember Tahun 2018). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Supriyanto_0839216011.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : Strategi, Pembiayaan Bermasalah, Produk Pembiayaan Syariah Baitul Maal wa Tamwil (BMT) dilihat dari fungsinya merupakan lembaga intermediasi keuangan antara pemilik dana (surplus unit) dan peminjam (defisit unit). BMT beroperasi berlandaskan prinsip-prinsip ekonomi Islam yang pada intinya menerapkan bahwa dana pada dasarnya merupakan salah satu alat produksi untuk meningkatkan kesejahteraan bersama, bukan orang atau perorang. BMT tumbuh dari keinginan dan prakarsa masyarakat sendiri, sehingga BMT merupakan salah satu jenis kelompok swadaya masyarakat yang bekerja dari, oleh dan untuk anggota. Fokus penelitian ini membahas 1) bagaimana perencanaan penanganan pembiayaan bermasalah pada produk pembiayaan syariah, 2) bagaimana implementasi penanganan pembiayaan bermasalah pada produk pembiayaan syariah, 3) bagaimana evaluasi penanganan pembiayaan bermasalah pada produk pembiayaan syariah di BMT Maslahah Cabang Sukowono Kabupaten Jember. Tujuan penelitian ini 1) untuk mendiskripsikan perencanaan penanganan pembiayaan bermasalah pada produk pembiayaan syariah, 2) untuk mendiskripsikan implementasi penanganan pembiayaan bermasalah pada produk pembiayaan syariah, 3) untuk mendiskripsikan evaluasi penanganan pembiayaan bermasalah pada produk pembiayaan syariah di BMT Maslahah Cabang Sukowono Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles – Huberman yaitu :Reduction data, data display dan conclution drawing/ verification. Uji keabsahan data menggunakan alat uji yakni credibility (Uji Kredibilitas) menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penanganan pembiayaan bermasalah di BMT maslahah Cabang Sukowono Kabupaten Jember dilaksanakan melalui perencanaan, implementasi dan evaluasi. Proses perencanaannya yaitu dengan melakukan pemantauan terhadap pembiayaan, mengidentifikasi proses menurunnya kualitas pembiayaan dan pelacakan indikasi. Kemudian implementasi dilakukan dengan penyelesaian melalui OTS, penagihan, surat teguran, restrukturisasi, jaminan, timremedial. Sedangkan evaluasi penanganan pembiayaan bermasalah dilakukan dengan tiga faktor yaitu faktor internal, faktor eksternal dan faktor fiktif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:57
Last Modified: 17 Mar 2023 08:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20604

Actions (login required)

View Item View Item