Strategi Personal Selling Dalam Meningkatkan Penjualan Polis Pada PT. Prudential Life Assurance Kantor Pemasaran Jember

Jumaidah, Ms. (2017) Strategi Personal Selling Dalam Meningkatkan Penjualan Polis Pada PT. Prudential Life Assurance Kantor Pemasaran Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Jumaidah_083 133 074.pdf

Download (8MB)

Abstract

Personal Selling merupakan pengaplikasian dari komunikasi pemasaran atau promosi yang paling klasik di dunia, cara ini memiliki keunikan karena dapat menciptakan komunikasi dua arah antara tenaga penjual dengan calon nasabah sehingga penjual dapat langsung memperoleh tanggapan sebagai umpan balik tentang keinginan dan minat calon nasabah. Berdasarkan fenomena di lapangan persaingan yang semakin sulit di dunia bisnis dan perkembangan dunia asuransi yang semakin ketat, mendorong perusahaan asuransi untuk mengaplikasikan strategi ini dalam meningkatkan penjualannya. Dari hasil survei di Indonesia masih butuh tatap muka dalam menjual produk-produk asuransi. Seperti PT. Prudential Life Assurance Kantor Pemasaran Jember yang fokus pada strategi personal selling untuk menarik nasabah dan akhirnya meningkatkan penjualan polis. Dari latar belakang tersebut dalam skripsi ini memfokus pada: Bagaimana PT. Prudential Life Assurance Kantor Pemasaran Jember dalam meningkatkan penjualan polis dengan strategi personal selling?, apa saja hambatan yang dihadapi serta bagaimana solusi PT. Prudential Life Assurance Kantor Pemasaran Jember menangani hambatan dalam meningkatkan penjualan polis dengan strategi personal selling?. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi personal selling yang dijalankan pada PT. Prudential Life Assurance Kantor Pemasaran Jember, hambatan yang dihadapi serta solusi PT. Prudential Life Assurance Kantor Pemasaran Jember menangani hambatan dalam meningkatkan penjualan polis dengan strategi personal selling. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: Strategi personal selling PT. Prudential Life Assurance Kantor Pemasaran Jember dalam meningkatkan penjualan polis dilakukan dengan mix antara strategi menjual sekaligus merekrut + konsep AIDAS + 8 langkah penjualan yaitu: planning, prospecting, pendekatan, pencarian fakta, presentasi, menangani keberatan, penutupan, pelayanan dan pemberian kompensasi yang menjanjikan. Mix strategi tersebut berjalan sangat efektif terbukti pada bulan Pebruari 2017 mencapai 150 polis, meningkat pada bulan Maret menjadi 160 polis yang terjual. Adapun hambatan yang sering dihadapi Agen yaitu penolakan dari calon nasabah. Solusi dilakukan dengan pendekatan, bercerita, membuka mindset melalui komunikasi yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:26
Last Modified: 20 Mar 2023 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20663

Actions (login required)

View Item View Item