Strategi Pemanfaatan Waduk Sidodadi Sebagai Peluang Usaha Dalam Peningkatan Pendapatan Masyarakat Sekitar Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi.

Riza, Rosi Rena (2018) Strategi Pemanfaatan Waduk Sidodadi Sebagai Peluang Usaha Dalam Peningkatan Pendapatan Masyarakat Sekitar Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rosi Rena Riza_083 144 141.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pariwisata menjadi sesuatu yang mudah untuk pengembangan perekonomian dan memberikan kesempatan kerja atau dapat memperkecil pengangguran. Kabupaten Banyuwangi telah menyadari potensi wisatanya yang ada, banyak wisata alam dan budaya yang disugukan. Di Desa Karangharjo ini terdapat wisata baru yakni Waduk Sidodadi. Dimana lalu lintas wisatawan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, salah satunya muncul peluang usaha yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di Desa Karangharjo untuk meningkatkan pendapatan mereka. Fokus penelitian yaitu, 1) Bagaimana masyarakat memanfaatkan peluang usaha dengan adanya Wisata Waduk Sidodadi di Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi? 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat bagi masyarakat sekitar waduk dalam pemanfaatan peluang usaha? 3)Bagaimana perbandingan pendapatan masyarakat sebelum dan sesudah memanfaatkan peluang usaha dengan adanya Wisata Waduk Sidodadi? Tujuan penelitian adalah: 1) Mendeskripsikan pemanfaatan peluang usaha oleh masyarakat sekitar Wisata Waduk Sidodadi Desa Karangharjo. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi masyarakat dalam memanfaatkan peluang usaha yang ada. 3) Mendeskripsikan perbandingan pendapatan yang diterima sebelum dan setelah memanfaatkan peluang usaha oleh masyarakat disekitar Wisata Waduk Sidodadi. Metode penelitian adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian Field Research. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Keabsahan data dengan menggunakan Triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1.Strategi masyarakat memanfaatkan peluang usaha adanya wisata Waduk Sidodadi di Desa Karangharjo, masyarakat membuka beberapa kegiatan usaha yaitu usaha retail, usaha jasa bengkel, dan usaha kuliner. Hal ini dilakukan dengan melalui tahapan identifikasi peluang usaha, seleksi dan pemilihan usaha yang sesuai dengan pilihannya. 2.Faktor pendukung dan faktor penghambat bagi masyarakat sekitar waduk dalam pemanfaatan peluang usaha. a.Faktor pendukung dalam memanfaatkan peluang usaha yaitu faktor ekonomi/keuangan, motivasi, bakat minat dan keadaan lingkungan sekitar. b.Faktor penghambat masyarakat memanfaatkan peluang usaha adalah modal yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan usahanya dan juga para pesaing. 3.Perbandingan pendapatan masyarakat sebelum dan sesudah memanfaatkan peluang usaha dengan adanya wisata waduk sidodadi mengalami peningkatan sebesar 47% dan penurunan sebesar 33,3%. Kata Kunci: Peluang Usaha dan Pendapatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 21 Mar 2023 06:47
Last Modified: 21 Mar 2023 06:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20791

Actions (login required)

View Item View Item