Peran Guru PAI Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa Di SMA Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2013/2014.

Sumantri, Erfan (2015) Peran Guru PAI Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa Di SMA Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ERFAN SUMANTRI_084 101 225.pdf

Download (5MB)

Abstract

Guru memegang peranan utama dalam dunia pendidikan. Hal ini dikarenakan guru mengemban tugas untuk mempersiapkan generasi muda sesuai dengan cita-cita bangsa, sehingga dapat dikatakan bahwa guru merupakan titik sentral dalam pendidikan baik formal maupun nonformal. Pendidikan Agama Islam merupakan bagian dari usaha dalam rangka pembentukan manusia yang beriman dan berakhlakul karimah. Namun belakangan ini masih banyak ditemukan perilaku yang menyimpang atau akhlak yang buruk khususnya dikalangan remaja. Untuk itu perlu adanya pembiasaan-pembiasaan Islami untuk membentuk perilaku siswa yang baik yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini, peserta didik di tuntut untuk memiliki kecerdasan secara global, namun yang terpenting adalah pengasahan terhadap ketiga kecerdasan, diantaranya kecerdasan IQ, EQ, dan SQ. Ketiga kecerdasan tersebut tentunya memiliki hubungan yang sangat erat dan saling berhubungan, artinya tidak hanya kemampuan kecerdasan Intelligence Quotein (IQ) saja, melainkan juga kecerdasan Emosi atau Emotional Quoteint (EQ) dan kecerdasan Spiritual atau Spiritual Quoteint (SQ). Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Bagaimana peran guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SMA Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2013/2014. Sub fokus penelitian diarahkan kepada: (1). Bagaimana peran guru PAI sebagai pengajar dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SMA Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2013/2014? (2). Bagaimana peran guru PAI sebagai pembimbing dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SMA Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2013/2014? (3). Bagaimana peran guru PAI sebagai pendidik dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SMA Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2013/2014? Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SMA Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2013/2014. Adapun tujuan khususnya adalah: (1) Untuk mendeskripsikan peran guru PAI sebagai pengajar dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SMA Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2013/2014. (2) Untuk mendeskripsikan peran guru PAI sebagai pembimbing dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SMA Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2013/2014. (3) Untuk mendeskripsikan peran guru PAI sebagai pendidik dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SMA Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan metode pengumpulan data mengguanakan observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif serta keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix Dalam penelitian ini memperoleh kesimpulan, antara lain. 1) Peran guru PAI sebagai pengajar dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SMA Negeri2 Jember tahun pelajaran 2013/2014, guru PAI senantiasa menyampaikan atau mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa-siswi dalam proses pembelajaran, hal ini di laksanakan oleh guru agama yang mengutamakan kepada praktek, selain itu guru agama juga sering menyampaikan nila-nilai Asmaul Husna. 2) Peran guru PAI sebagai pembimbing dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SMA Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2013/2014, guru PAI memberikan bimbingan kepada siswa-siswi khususnya dalam hal beribadah, memberikan bimbingan kepada siswa melalui kegiatan keagamaan yang telah terprogram, dan guru PAI selalu memotivasi siswanya untuk selalu semangat dan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT. Namun sebelum memberikan bimbingan kepada siswanya tentu terlebih dahulu harus melakukan pengamatan terhadap siswa itu sendiri. 3) Peran guru PAI sebagai pendidik dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SMA Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2013/2014, guru PAI memberikan teladan yang baik bagi siswa-siswi, baik dari tutur kata, sikap maupun tindakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:24
Last Modified: 24 Mar 2023 08:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20900

Actions (login required)

View Item View Item