Peran dan Strategi Humas IKIP PGRI Jember dalam menghadapi krisis.

Fauzi, Mr. (2017) Peran dan Strategi Humas IKIP PGRI Jember dalam menghadapi krisis. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. FAUZI_082 121 024.pdf

Download (1MB)

Abstract

Public Relations atau humas merupakan kegiatan komunikasi, yang mempunyai ciri tertentu karena berada dalam konteks tertentu, yakni, konteks organisasi. peranan (tugas dan fungsi) humas tergantung atas organisasi, dimana humas itu berada, berkaitan dengan budaya organisasi (organizational culture). Sifat-sifat manusia yang terlibat, pejabat humas dan publik yang terlibat. Faktorfaktor internal organisasi dan faktor eksternal organisasi. Di sisi lain Public Relations terdapat suatu usaha untuk mewujudkan hubungan yang harmonis antara suatu badan/ perusahaan dengan publiknya. Public Relations merupakan fungsi manajemen yakni suatu aktivitas untuk membina dan memelihara sikap budi yang menyenangkan bagi suatu lembaga atau perusahaan di suatu pihak dengan publik di pihak lain. Fokus masalah yang diteliti dalam skipsi ini adalah: 1) Apa krisis yang dihadapi oleh IKIP PGRI Jember. 2) Bagaimana peran dan strategi Humas IKIP PGRI Jember dalam membangun kepercayaan publik internal dan ekternal setelah terjadi krisis. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui apa krisis yang dihadapi oleh IKIP PGRI Jember. 2) Untuk mengetahui Bagaimana peran dan strategi humas IKIP PGRI Jember dalam membangun kepercayaan publik internal dan ekternal setelah terjadi krisis. Penelitian ini menggunakan analisis pendekatan kualitatif deskriptif, menganalisis tentang bagaimana peran dan strategi humas IKIP PGRI Jember dalam menghadapi krisis sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, dalam penelitian ini memperoleh kesimpulan: Peran dan strategi Humas IKIP PGRI Jember dalam menghadapi krisis ialah yang pertama, secara inernal kampus berkoordinasi dengan rektorat dan fakultas untuk mengatasi persoalan rasio dosen, yaitu dengan cara rekrutmen dosen, humas juga berperan serta untuk menjadi komunikator antara pihak rektorat dan fakultas. Yang kedua secara ekternal kampus, humas IKIP PGRI Jember bekerja sama dengan berbagai media elektronik dan cetak untuk menginformasikan langkah-langkah yang dilakukan dalam upaya pengaktifan kembali IKIP PGRI Jember, humas juga berperan serta sebagai penyambung lidah antara pihak internal dengan external. Humas juga melakukan beberpa strategi antara lain: 1.Penguatan kelembagaan. 2. Penguatan akademik. 3. Penguatan kemahasiswaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1117 Public Health and Health Services > 111799 Public Health and Health Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:28
Last Modified: 24 Mar 2023 08:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20954

Actions (login required)

View Item View Item