Peran Tokoh Agama Dalam Mempertahankan Tradisi Keagamaan Di Desa Tegal Ciut Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang Tahun 2017.

Agustin, Yeni (2017) Peran Tokoh Agama Dalam Mempertahankan Tradisi Keagamaan Di Desa Tegal Ciut Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang Tahun 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
YENI AGUSTIN_084 131 418.pdf

Download (4MB)

Abstract

Seperti yang kita ketahui saat ini dalam peran tokoh agama mampu menggerakkan sekumpulan masyarakat untuk mempertahankan suatu tradisi. Tokoh agama berperan sebagai pepimpin dalam proses pelaksanaan tradisi keagamaan dalam masyarakat. Dan peran yang kedua sebagai figur yang terlibat dalam partisipasi kegiatan. Desa Tegal Ciut ini merupakan warga Nahdhiyin yang masih menjaga tradisi keagamaan turun temurun dari nenek moyang mereka, variasi tradisi keagamaan populer yang terus dikokohkan dikalangan mereka adalah praktik-praktik lokal, seperti Isro’ Mikroj, Muharram Dan Maulid Nabi. Dalam pelaksanaan pasti ada faktor penghambat dan juga faktor pendukung terlaksananya tradisi keagamaan. Adapun keunikan dari tradisi keagamaan ini yaitu ketiga tradisi tersebut dikaitkan dengan tingkat keimanan seseorang, jika melaksanakan tradisi tersebut Fokus penelitian ini adalah: (1), bagaimana peran tokoh agama dalam mempertahankan tradisi keagamaan di Desa Tegal Ciut Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang. (2), apa sajakah faktor penghambat dan faktor pendukung terlaksananya tradisi keagamaan di Desa Tegal Ciut Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang. Tujuan penelitian (1), untuk mendeskripsikan peran tokoh agama dalam mempertahankan tradisi keagamaan Di Desa Tegal Ciut Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang. (2), untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung terlaksananya tradisi keagamaan di Desa Tegal Ciut Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, Lokasi penelitian ini di Desa Tegal Ciut Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan Reduksi data, Penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil dari penelitian ini maka dapat di sajikan temuan ini yaitu: (1) peran tokoh agama dalam mempertahankan tradisi keagamaan di Desa Tegal Ciut Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang tahun 2017 antara lain: peran tokoh agama berperan ganda yaitu sebagai pemimpin dalam hal peran spiritual, dan sebagai figur yang terlibat dalam tradisi keagamaan. (2) faktor pendukung dan faktor penghambat terlaksananya tradisi keagamaan di desa tegal ciut. Faktor pendukung yaitu Pertama, adanya sikap toleransi. Kedua, saling tolong menolong. Faktor penghambat yaitu, pertama, adanya aliran islam baru yang masuk di desa tersebut. Kedua, fanatisme yang negatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Mar 2023 07:02
Last Modified: 27 Mar 2023 07:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21046

Actions (login required)

View Item View Item