Upaya Pemerintah Desa dalam Peningkatan Taraf Perekonomian Masyarakat di desa Pakuwesi Kecamatan Curahdami Kabupaten bondowoso.

Apriliandi, Muhammad Ervan (2018) Upaya Pemerintah Desa dalam Peningkatan Taraf Perekonomian Masyarakat di desa Pakuwesi Kecamatan Curahdami Kabupaten bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Ervan Apriliandi_083 144 005.pdf

Download (4MB)

Abstract

Desa Pakuwesi merupakan salah satu desa di Kecamatan Curahdami Kabupaten bondowoso, sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani dan buruh tani yakni 25% atau 383 keluarga sebagai petani dan 45,1% atau 670 keluarga sebagai buruh tani. Dengan kondisi semacam itu, banyak masyarakat Desa Pakuwesi yang tidak bisa memenuhi kebutuhannya secara maksimal. Karena penghasilan masyarakat dalam satu bulan rata-rata hanya berkisar antara 600.000- 800.000. Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana kondisi perekonomian masyarakat sebelum dilaksanakannya upaya peningkatan taraf perekonomian masyarakat di Desa Pakuwesi Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso? (2). Bagaimana upaya pemerintah desa dalam peningkatan taraf perekonomian masyarakat di Desa Pakuwesi Kecamatan Curahdami kabupaten Bondowoso? (3). Bagaimana kondisi perekonomian masyarakat setelah dilakukan upaya peningkatan taraf perekonomian masyarakat di Desa Pakuwesi Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan kondisi perekonomian masyarakat sebelum dilaksanakannya upaya peningkatan taraf perekonomian masyarakat di Desa Pakuwesi Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso. (2) Mendeskripsikan upaya pemerintah desa dalam peningkatan taraf perekonomian masyarakat di Desa Pakuwesi Kecamatan Curahdami kabupaten Bondowoso. (3) Mendeskripsikan kondisi perekonomian masyarakat setelah dilakukan upaya peningkatan taraf perekonomian masyarakat di Desa Pakuwesi Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif sedangkan jenis penelitiannya yaitu deskriptif. Dalam menentukan sumber data menggunakan teknik purposive, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan penelitian ini yaitu (1) Kondisi perekonomian masyarakat Desa Pakuwesi sebelum dilakukan upaya peningkatan taraf perekonomian, pendapatan masyarakat masih berkisar antara 600.000-800.000 per bulan. (2) Upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Pakuwesi untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat yaitu melalui program pemberdayaan, program pembangunan dan program pembinaan. (3) Setelah dilakukan upaya peningkatan taraf perekonomian masyarakat, kondisi masyarakat Desa Pakuwesi yang tergolong dalam kategori miskin atau belum sejahtera sudah mulai meningkat pada tahapan sejahtera II. Kata Kunci: Peningkatan Taraf Perekonomian, Pemberdayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:47
Last Modified: 29 Mar 2023 06:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21151

Actions (login required)

View Item View Item