Upaya Pemerintah Kabupaten Bondowoso Sebagai Penguatan Pemasaran Kopi Arabika Java Ijen-Raung (Studi Kasus Bondowoso Republik Kopi)

Az Zahra, Rahmawati Salsabila (2018) Upaya Pemerintah Kabupaten Bondowoso Sebagai Penguatan Pemasaran Kopi Arabika Java Ijen-Raung (Studi Kasus Bondowoso Republik Kopi). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RAHMAWATI SALSABILA AZ ZAHRA_083144163.pdf

Download (12MB)

Abstract

Kopi merupakan komoditas tropis utama yang diperdagangkan di seluruh dunia dengan kontribusi setengah dari total ekspor komoditas tropis. Popularitas dan daya tarik dunia terhadap kopi, utamanya dikarenakan rasanya yang unik serta didukung oleh faktor sejarah, tradisi, sosial dan kepentingan ekonomi. Selain itu, kopi adalah salah satu sumber alami kafein zat yang dapat menyebabkan peningkatan kewaspadaan dan mengurangi kelelahan.1 Berdasarkan data dari FAO pada tahun 2013, Indonesia tercatat sebagai produsen kopi terbesar ketiga di dunia setelah Brazil dan Vietnam. Di dunia, Indonesia dikenal dengan specialty coffee melalui berbagai varian kopi dan kopi luwak. Dengan keunikan cita rasa dan aroma kopi asal Indonesia, Indonesia memiliki peluang besar untuk meningkatkan perdagangan kopinya di dunia.2 Fokus Penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bondowoso dalam pemasaran kopi Arabika Java Ijen-Raung? 2) Apa saja kendala dalam pemasaran kopi Arabika Java Ijen-Raung? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya yang dilakukan serta kendala yang dihadapi Pemerintah Kabupaten Bondowoso dalam rangka penguatan pemasaran produk Kopi Arabika Java Ijen-Raung. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode pendekatan kualitatif. Dengan jenis penelitian field research, sedangkan teknik dalam pengambilan sampel menggunakan teknik purposive yang meliputi Kepala Dinas Pertanian Kabupatren Bondowoso, Sekretaris Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Staf Seksi Pembenihan dan Perlindungan Tanaman Perkebunan, Kepala Seksi Pengelolaan dan Pemasaran Hasil Tanaman Perkebunan dan Seksi Pemasaran Kelompok Tani JAVA IJEN. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk melihat keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: 1) Upaya yang dilakukan dalam rangka penguatan pemasaran kopi Arabika Java Ijen-Raung adalah: a. Mengadakan Program Pengembangan Cluster Kopi. b. Bekerja sama dengan beberapa pihak yakni PERHUTANI, PUSLITKOKA, Bank Indonesia, Bank Jatim, dan APEKI. c. Melakukan branding “Bondowoso Republik Kopi”. 2) Kendala yang dihadapi Pemerintah Kabupaten Bondowoso dalam rangka penguatan pemasaran kopi Arabika Java Ijen-Raung adalah: a. Ulah tengkulak yang “merusak” pasar. b. Sistem Ijon yang dilakukan tengkulak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:49
Last Modified: 29 Mar 2023 06:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21179

Actions (login required)

View Item View Item