Kreativitas Kepala Sekolah Dalam Melaksanakan Aktivitas Manajerial Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Ajung Kabupaten Jember

Pratama, Rico Aji (2023) Kreativitas Kepala Sekolah Dalam Melaksanakan Aktivitas Manajerial Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Ajung Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Acmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI RICO_AJI_PRATAMA,_S.Pd SIAP(1).pdf

Download (37MB)

Abstract

Rico Aji Pratama, 2023: ‘’Kreativitas Kepala Sekolah Dalam Melaksanakan Aktivitas Manajerial di SMPN 02 SMPN 02 Ajung Kabupaten Jember’’
Kata Kunci: Kreativitas, Kepala Sekolah, Manajerial.
Kepala sekolah mempunyai peranan yang besar dan merupakan penentu arah serta memegang kendali jalannya pendidikan di suatu lambaga sekolah. Kepala sekolah harus memiliki kompetensi manajerial yang baik seperti halnya menguasai sejumlah ilmu tentang manajemen kepala sekolah dan manajemen pendidikan, serta memiliki kreativitas dalam pengelolaan pendidikan dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada di lembaga pendidikan juga membutuhkan pemecahan masalah yang tepat. Kreativitas sangatlah penting dalam menghadapi tantangan, baik dalam bidang pendidikan, sosial, ekonomi, budaya dan kesehatan. Oleh karna itu, kreativitas sangat dibutuhkan dalam mengelola sebuah instansi pendidikan. Kreativitas memunculkan penemuan-penemuan baru berupa pembuatan ecobriks yang dilaksanakan untuk pembuatan kerajinan sekolah serta untuk mendaur ulang sampah plastik di SMPN 02 Ajung Kabupaten Jember serta pengelolaan lahan kosong dengan ditanami pohon balsa atau pohon sengon.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi kreativitas kepala sekolah dalam menjalankan aktivitas manajerial di SMPN 02 Ajung kabupaten Jember? 2) Bagaimana evaluasi kreativitas kepala sekolah dalam menjalankan aktivitas manajerial di SMPN 02 Ajung kabupaten Jember?
Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan kreativitas kepala sekolah dalam menjalankan aktivitas manajerial di SMPN 02 Ajung kabupaten Jember 2) Untuk mendeskripsikan evaluasi kreativitas kepala sekolah dalam menjalankan aktivitas manajerial di SMPN 02 Ajung kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini mendeskripsikan tentang sebuah kreativitas kepala sekolah dalam melaksanakan aktivitas manajerial di SMPN 02 Ajuang. di harapkan menggunakan penelitian kualitatiff ini tmenghasilkan temuan dan data empiris dapat di deskripsikan secara jelas, akurat, dan rinci.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Kreativitas kepala sekolah dalam melakukan aktivitas manajerial di SMPN 02 Ajung berjalan dengan baik dengan hasil yang meningkat. Kepala sekolah menerapkan kreativitas nya dengan menyusun perencanaan program terlebih dahulu, kemudian mendiskusikan pada rapat terkait program tersebut lalu dibentuk dengan pengorganisasian terhadap para stakholder sekolah. selanjutnya yaitu pengkomunikasian seluruh program kemudian diadakan pengawasan untuk tetap menjaga keterlaksanaan program tersebut. 2) mengadakan evaluasi secara rutin. kreativitas yang dilaksanakan oleh kepala sekolah sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah yaitu menciptakan siswa yang berkarakter tinggi serta meningkatkan fasilitas sekolah untuk dapat mencapai tujuan pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Ms Perpustakaan Rico Aji Pratama
Date Deposited: 29 Mar 2023 07:10
Last Modified: 29 Mar 2023 07:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21235

Actions (login required)

View Item View Item