Peran Karang Taruna “Pemuda Kreatif dan mandiri” dalam Mengatasi Kenakalan Remaja di Kelurahan Jember Kidul Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.

Rohman, S. Abd (2017) Peran Karang Taruna “Pemuda Kreatif dan mandiri” dalam Mengatasi Kenakalan Remaja di Kelurahan Jember Kidul Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
S. Abd.Rohman_084 124 029.pdf

Download (1MB)

Abstract

Remaja merupakan tumpuan bangsa sebagai generasi penerus dalam melanjutkan pembangunan dan cita-cita bangsa, namun pada kenyataanya reamaja saat ini banyak melakukan penyimpangan sosial yang disebut kenakalan remaja. Maka dari itu dibutuhkan adanya wadah yang dapat mengatasi kenakalan remaja. Di tingkat desa atau kelurahan terdapat organisasi pemuda yaitu karang taruna yang dapat membina para remaja ke arah yang lebih baik, dengan cara mengatasi kenakalan remaja. Berdasarkan latar belakang masalah, maka fokus penelitian yang diteliti adalah: 1) Bagaimana peran karang taruna ”Pemuda Kreatif dan Mandiri” dalam kegiatan sosial keagamaan dalam mengatasi kenakalan remaja di Kelurahan Jember Kidul Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember ? 2) Bagaimana peran karang taruna ”Pemuda Kreatif dan Mandiri” dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dalam mengatasi kenakalan remaja di Kelurahan Jember Kidul Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember ? 3) Apa Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat karang taruna ”Pemuda Kreatif dan Mandiri” dalam mengatasi kenakalan remaja di Kelurahan Jember Kidul Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember? Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan peran karang taruna ”Pemuda Kretarif dan Mandiri” dalam kegiatan sosial keagamaan dalam mengatasi kenakalan remaja; 2) Mendeskripsikan peran karang taruna ”Pemuda Kretarif dan Mandiri” dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dalam mengatasi kenakalan remaja; 3) Mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam mengatasi kenakalan remaja. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis penelitian field Research. Pemilihan sampel area dan responden menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analis dengan cara reduksi data, penyaji data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Peran karang taruna dalam hal sosial keagamaan tertuang pada program keagamaan yaitu kegiatan memperingati Hari Besar Islam, penyembelihan hewan qurban, halal bi halal dan bulan ramadhan. Kegiatan ini dapat mempengaruhi kepribadian remaja menjadi lebih religius dan bertingkah laku yang sesuai dengan nilai dan norma agama; 2) Peran karang taruna dalam hal sosial kemasyarakatan tertuang dalam beberapa kegiatan yaitu prokasih, perbaikan jalan dan selokan, pengadaan amal, donor darah, keolahragaan, jalan santai, musik patrol, bazar kuliner dan paguyuban warga dengan Polres Jember. Kegiatan ini menjadikan remaja menjadi bagian dari masyarakat yang menjunjung tinggi sikap toleransi; dan 3) Faktor pendukung yaitu kesadaran remaja, adanya tokoh masyarakat sebagai motivator dan adanya kerja sama dengan pihak luar. Faktor penghambat yaitu kurangnya minat remaja, pendanaan yang kurang memadai dalam mengadakan progam kerja karang taruna, dan adanya pengaruh komunitas remaja lain yang kurang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:32
Last Modified: 31 Mar 2023 06:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21459

Actions (login required)

View Item View Item