Upaya meningkatan kemampuan kognitif Melalui media kartu lambang bilangan pada Kelompok B Raudhatul Athfal Ulil Albab Seputih Mayang Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Sholeha, Nuryatus (2019) Upaya meningkatan kemampuan kognitif Melalui media kartu lambang bilangan pada Kelompok B Raudhatul Athfal Ulil Albab Seputih Mayang Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NURYATUS SHOLEHA_T201511011.pdf

Download (5MB)

Abstract

Salah satu kemampuan anak usia dini yang sedang berkembang adalah kemapuan kognitif. Ketika anak-anak belum mampu mengenal angka, mengurutkan angka dari terkecil dan terbesar, mengenal konsep bilangan, ketika semua media dan metode sudah diterapkan pada kelompok B RA Ulil Albab Seputih Mayang Jember, maka guru melalui media kartu lambang bilangan dalam meningkatkan kemampuan kognitif Fokus penelitian yang diteliti pada skripsi ini, yaitu: 1) bagaimana cara membuat media kartu lambang bilangan untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada kelompok B RA. Ulil Albab Seputih Mayang Jember? Dan 2) bagaimana pemanfaatan media kartu lambang bilangan dalam meningkatkan kemampuan kognitif pada kelompok B RA. Ulil Albab Seputih Mayang Jember tahun pelajaran 2018 / 2019? Tujuan penelitian ini yaitu; 1) untuk mendeskripsikan cara membuat media kartu lambang bilangan untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada kelompok B RA. Ulil Albab Seputih Mayang Jember, dan 2) untuk mendeskripsikan pemanfaatan media kartu lambang bilangan dalam meningkatkan kemampuan kognitif pada kelompok B RA. Ulil Albab Seputih Mayang Jember tahun pelajaran 2018 / 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dan lokasi penelitian RA. Ulil Albab Seputih Mayang. Teknik penentuan Subjek menggunakan purposive sampling, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non participant, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Analisis deskriptif kualitatif model Miles and Huberman, yang meliputi koleksi data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian memperoleh kesimpulan 1) cara membuat media kartu lambang bilangan dalam meningkatkan kemampuan kognitif pada kelompok B RA. Ulil Albab Seputih Mayang Jember, yaitu: dengan langkah memilih bahan apa saja yang dipakai, mementukan tema, membuat kerangka potongan kardus, melapisi potongan kardus dengan kertas warna-warni, memberi tulisan angka dan melapisinya dengan laminating. 2) pemanfaatan media kartu lambang bilangan dalam meningkatkan kemampuan kognitif pada kelompok B RA. Ulil Albab Seputih Mayang Jember tahun pelajaran 2018 / 2019, yaitu guru dalam memanfaatkan kartu lambang bilangan yaitu melalui tahapan-tahapan sebagai berikut: memilih tema, menyiapkan bahan ajar, guru membagi anak beberapa kelompok, memberikan kesmpatan kepada anak didik, mengulangi materi dan melaksanakan evaluasi. Sehingga diharapkan dalam meningkatkan kemampuan kognitif melalui media kartu lambang bilangan tercapai sesuai indikator yang diharapkan dan anak-anak menjadi tertarik dan semangat. Kata kunci: kemampuan kognitif, kartu lambang bilangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:26
Last Modified: 03 Apr 2023 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21621

Actions (login required)

View Item View Item