Rina, Rina (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA BMT NU JAWA TIMUR CABANG SUMBERASIH KABUPATEN PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
SKRIPSI RINA 2023.pdf Download (2MB) |
Abstract
Rina, Dr. Hj. Nurul Setianingrum S.E., M.M. 2023: Analisis Strategi
Pemasaran Produk Pembiayaan Murabahah Dalam Meningkatkan Jumlah
Nasabah Pada BMT NU Jawa Timur Cabang Sumberasih Kabupaten
Probolinggo.
Kata kunci: strategi pemasaran, pembiayaan murabahah, BMT NU Jawa Timur
Cabang Sumberasih Kabupaten Probolinggo
Strategi pemasaran didefinisikan sebagai pemberi arah usaha-usaha
pemasaran perusahaaan, diterapkan secara berkala, yang berupa serangkaian
tujuan dan sasaran, kebijakan dan aturan. Strategi pemasaran juga merupakan
salah satu cara untuk memperkenalkan produk baik barang maupun jasa yang ada
pada lembaga, baik lembaga keuangan bank maupun non bank. Dengan cara ini
lembaga atau perusahaan bisa menawarkan setiap produknya baik produk
simpanan, pinjaman, dan pembiayaan. Pembiayaan yang tersedia bermacammacam, yaitu pembiayaan dengan menggunakan akad-akad tertentu yang dimana
disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah atau anggota, salah satunya seperti
pembiayaan dengan menggunakan akad murabahah yang ada pada BMT NU Jawa
Timur Cabang Sumberasih Kabupaten Probolinggo.
Fokus masalah yang diteliti dalam penulisan skripsi ini adalah: 1)
bagaimana strategi pemasaran produk pembiayaan murabahah pada BMT NU
Jawa Timur Cabang Sumberasih Kabupaten Probolinggo ? 2) Bagaimana
implikasi dari strategi pemasaran poduk pembiayaan murabahah pada BMT NU
Jawa Timur Cabang Sumberasih Kabupaten Probolinggo ?.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui strategi pemasaran produk
pembiayaan murabahah pada BMT NU Jawa Timur Cabang Sumberasih
Kabupaten Probolinggo. 2) mengetahui implikasi dari strategi pemasaran produk
pembiayaan murabahah pada BMT NU Jawa Timur Cabang Sumberasih
Kabupaten Probolinggo.
Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif bersifat
deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research), subyek penelitian
menggunakan teknik purposive, kemudian teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya untuk
keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian tersebut adalah: 1) strategi pemasaran produk
pembiayaan murabahah pada BMT NU Jawa Timur Cabang Sumberasih
Kabupaten Probolinggo dilakukan dengan bauran pemasaran 4P yaitu produk
(product), tempat (place), harga (price), dan promosi (promotion). 2) implikasi
dari strategi pemasaran yang diterapkan yaitu semakin meningkatnya jumlah
anggota yang melakukan pembiayaan murabahah ini, baik nasabah/anggota lama
maupun nasabah/anggota yang baru bergabung untuk melakukan pembiayaan
pada BMT NU Jawa Timur Cabang Sumberasih Kabupaten Probolinggo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mrs Rina Rina |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 08:46 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 08:46 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21894 |
Actions (login required)
View Item |