Pengaruh Literasi Keuangan, Keamanan Dan Kemudahan Bertransaksi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di Bank Syariah Indonesia Kantor Capem Genteng Gajah Mada (Studi Generasi Millenial Urban)

Putri, Anisa (2023) Pengaruh Literasi Keuangan, Keamanan Dan Kemudahan Bertransaksi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di Bank Syariah Indonesia Kantor Capem Genteng Gajah Mada (Studi Generasi Millenial Urban). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ANISA PUTRI_E20191169.pdf

Download (3MB)

Abstract

Anisa Putri, 2023: Pengaruh Literasi Keuangan, Keamanan Dan Kemudahan Bertransaksi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di Bank Syariah Indonesia Kantor Capem Genteng Gajah Mada (Studi Generasi Millenial Urban)
Kata Kunci: Literasi Keuangan, Keamanan, Kemudahan Bertransaksi, dan Keputusan Menjadi Nasabah
Bank Syariah Indonesia (BSI) merupakan Bank Syariah pertama yang menduduki posisi ke-7 dari Top 10 Bank umum dengan aset terbesar di Indonesia, dan memiliki misi pengembangan jumlah nasabah dengan budaya berbasis syariat Islam yang memberikan perhatian terhadap pengelolaan kompetensi melalui beragam strategi dan evaluasi untuk memperoleh nasabah yang loyal dan berkualitas. Oleh karena itu, adanya keputusan menjadi nasabah dibutuhkan bagi perusahaan. Keputusan menjadi nasabah adalah suatu perilaku konsumen dalam menggunakan suatu jasa atau produk.
Rumusan masalah yang telah ditentukan peneliti yakni 1). Apakah Literasi Keuangan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah oleh generasi millenial urban di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Genteng Gajah Mada. 2). Apakah Keamanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah oleh generasi millenial urban di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Genteng Gajah Mada. 3). Apakah Kemudahan Bertransaksi berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah oleh generasi millenial urban di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Genteng Gajah Mada. 4). Apakah Literasi Keuangan, Keamanan, dan Kemudahan Bertransaksi berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah oleh generasi millenial urban di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Genteng Gajah Mada secara simultan.
Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui adanya pengaruh antara variabel literasi keuangan, keamanan, dan kemudahan bertransaksi secara parsial dan simultan terhadap keputusan menjadi nasabah oleh generasi millenial urban di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Genteng Gajah Mada.
Metode dalam penelitian ini merupakan metode kuantitatif dengan alat pengumpulan data berupa kuesioner dan analisis data menggunakan alat uji analisis data berupa uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, data pengujian hipotesis dengan teknik pengambilan sampel yakni non probability sampling sebanyak 80 responden.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini, diperoleh dalam mengujian parsial, variabel literasi keuangan dan kemudahan bertransaksi berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan menjadi nasabah dan keamanan berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel keputusan menjadi nasabah. Dan dalam pengujian simultan semua variabel yaitu literasi keuangan, keamanan, dan kemudahan bertransaksi berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah oleh generasi millenial urban di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Genteng Gajah Mada dengan nilai Sig 0,000 < 0,05 dan F hitung lebih besar dariF tabel yakni 22,602 > 2,72 dan nilai pengaruh sebesar 47,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Anisa Putri
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:38
Last Modified: 06 Apr 2023 08:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21983

Actions (login required)

View Item View Item